Jakarta (ANTARA) - ​​​​​Brand Ambassador Pertamina Fastron Rifat Sungkar dan Denny Sumargo membagikan kiat memilih oli mobil dalam gelar wicara di booth Pertamina di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

"Oli itu ibarat darah pada mesin kendaraan, dan mempengaruhi kinerja dan umur mesin kendaraan," kata Rifat di ICE BSD Tangerang, Banten, Minggu.

Rifat menyarankan masyarakat untuk menggunakan jenis dan viskositas oli yang cocok dengan kendaraan yang dimiliki. Hal tersebut bisa dilihat dari keterangan Society of Automotive Engineers (SAE) di botol oli.

Baca juga: Pertamina sajikan simulator balap hingga hadiah tiket MotoGP di GIIAS

Baca juga: Pertamina Patra Niaga menyambut era energi bersih di GIIAS 2024


Contohnya, Pertamina Fastron Techno series SAE 10W-30 yang cocok untuk jenis mobil penumpang seperti model SUV, MPV, Sedan dan Hatchback.

Pereli nasional itu pun mengungkapkan bagaimana Pertamina Fastron telah mendukungnya dalam berbagai kompetisi balap selama lebih dari 20 tahun, termasuk pada World Rally Championship (WRC) Seri Prancis 2012.

Dalam kejuaraan tersebut dirinya berhasil menjadi juara pertama dan mengalahkan lebih dari 200 pembalap lainnya.

 “Pertamina Fastron telah menjadi partner dalam setiap tantangan balap saya, mendukung saya dalam kondisi paling ekstrim sekalipun," kata dia.

Sementara itu, Denny Sumargo menyampaikan salah satu kiat dalam memilih oli mobil adalah dengan langsung mengecek buku manual kendaraan.

Pemilik mobil juga bisa datang langsung ke bengkel Fastron Auto Service untuk bertanya langsung dengan mekanik di sana sekaligus mengganti oli kendaraan.

Dalam kesempatan itu, presenter yang juga mantan atlet bola basket tersebut juga membagikan pengalamannya menggunakan Pertamina Fastron dalam kondisi ekstrem saat Winter Driving Experience di Livigno, Italia dan ketika hadir di ajang balap Lamborghini Super Trofeo 2024 di Sepang.

“Semenjak jadi Brand Ambassador Pertamina Fastron dan melihat langsung kualitasnya, gue jadi rajin belajar otomotif dan merasa harus jadi jembatan buat orang-orang yang tidak terlalu mengerti soal oli mobil,” kata Denny.

Manager PCO & Specialties Pertamina Lubricants Dani Ardiyanto menjelaskan bahwa sejak diperkenalkannya Pertamina Fastron pada tahun 2003, produk tersebut terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi mesin dan cepat dalam menghadapi perubahan industri otomotif.

Saat ini, Pertamina memiliki lebih dari 10 varian Pertamina Fastron yang diperuntukkan untuk kebutuhan pelumas segala jenis mobil, dari mobil harian hingga mobil super, yang menawarkan perlindungan mesin optimal dan kualitas yang melampaui standar industri terkini.

"Dengan menggandeng Rifat Sungkar dan Denny Sumargo, kami berharap tidak hanya memperluas pemahaman masyarakat tentang produk kami tetapi juga menunjukkan komitmen kami untuk mendukung setiap pengemudi, dari penggiat otomotif hingga pengguna harian," pungkas dia.

Baca juga: Jangan asal pilih oli mesin, ini alasannya menurut Rifat Sungkar

Baca juga: Pentingnya ganti pelumas secara tepat waktu

Baca juga: Autochem Industry kenalkan pelumas mesin cocok untuk iklim tropis

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024