Jakarta (ANTARA) - Pemilihan pelumas bagi sebuah kendaraan bermotor disebut memiliki sejumlah manfaat salah satunya yakni membuat konsumsi bahan bakar lebih irit serta ramah lingkungan.

Vice Presiden Bardahl Indonesia Pudjijarto Sutjipto di Jakarta, Selasa, mengatakan penggunaan pelumas yang tepat juga akan meningkatkan akselerasi tenaga mesin kendaraan sehingga menghadirkan kenyamanan dalam berkendara.

Terkait hal itu Pudjijarto menuturkan, pihaknya mengusung teknologi Ester yang memiliki kemampuan mengurangi deposit mesin sehingga ruang bakar lebih bersih.

"Tidak hanya membuat ruang bakar menjadi lebih bersih, teknologi Ester juga mampu meningkatkan akselerasi tenaga, membuat konsumsi bahan bakar lebih irit serta ramah lingkungan sehingga menghadirkan kenyamanan dalam berkendara," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Pertamina Lubricants soal adaptasi pelumas kendaraan listrik

Selain teknologi Ester, tambahnya, perusahaan juga menyematkan formula Fullerene C60 dalam varian pelumasnya. Fullerene C60 merupakan zat aditif anti-aus metalo-organik yang unik.

Penggabungan sifat polar dari senyawa Ester dan Fullerene C60 mampu melarutkan kerak karbon guna menjaga mesin lebih bersih. Perlindungan terhadap keausan logam yang sangat baik. Mencegah pembentukan endapan untuk kebersihan mesin yang maksimal. Akselerasi mesin meningkat dan stabil pada suhu tinggi memberikan jarak tempuh lebih panjang.

Baca juga: Rawat kendaraan dengan volume pelumas yang pas

Bardahl merupakan produsen oli dan zat aditif asal AS yang menyediakan sejumlah varian pelumas untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Pada November 2022 perusahaan tersebut meluncurkan enam varian baru untuk sepeda motor baik transmisi manual maupun skutik.

Sebelumnya pada 11 Februari lalu produsen oli tersebut bersama komunitas vespa dan bengkel Bellisimo Una Vespa menggelar ajang riding dan coaching clinic (konsultasi dan pendampingan) di kawasan BSD dan Alam Sutera, Tangerang Selatan.

"Selain sebagai ajang silaturahmi, kegiatan ini juga memberikan berbagai pengalaman, terutama berbagi pengalaman seputar vespa tentang perawatan, bagaimana agar performa tetap bagus, dan hal-hal lainnya," tutur Pudjijarto.

Baca juga: Bukan sekadar pelumas, berikut lima fungsi penting oli mesin kendaraan
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023