Jakarta (ANTARA) - Sejalan dengan program pemerintah yang mencanangkan penggunaan bahan bakar biodiesel, produsen pelumas nasional PanaOIL mendukung kebijakan itu dengan mengembangkan oli yang dapat dipakai kendaraan berbahan bakar B30.

Executive Director PT Pana Oil Indonesia Effendy Liemuel mengatakan, perusahaannya menghadirkan pelumas CRUISER ADVANCE PLUS (15W-40) untuk kendaraan diesel injeksi yang menyasar mobil-mobil komersial.

"Kami memang secara khusus merilis PanaOIL CRUISER ADVANCE PLUS untuk kebutuhan dunia bisnis yang bergerak di bidang fleet, alat-alat berat," kata Effendy Liemuel di Giicomvec 2020 dalam keterangannya, Kamis.

Effendy Liemuel mengatakan, salah satu formula unggulan dalam produk itu adalah dapat untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan dari pemakaian Fatty Acid Methyl Ester (FAME) dalam bahan bakar biofuel.

"Formula produk kami sanggup mengontrol tingkat keasaman dan sludge yang ditimbulkan dari bahan bakar biodiesel saat mesin beroperasi, dan tetap menjaga performa mesin untuk beroperasi secara maksimal” ucap Effendy.

Ia menjelaskan, pengembangan oli itu dilakukan sejak tahun 2015. Proses produksinya dilakukan di unit riset dan produksi di internal PanaOIL dengan teknologi, bahan dasar dan paket additive termutakhir yang berlokasi di Cilegon, Banten.

Pengalaman PanaOIL menghasilkan tak kurang dari 90 varian produk pelumas dan juga produk turunannya bisa terwujud karena PanaOIL memiliki unit riset internal yang mampu membuat formulasi pelumas terkini secara mandiri.

Oli itu tersedia dalam bermacam kemasan (IBC, drum, pail, dan galon) dengan kemasan yang lebih ekonomis yaitu ukuran 5 liter (galon).

Kemasan itu diharapkan dapat memudahkan konsumen untuk memakai produk pelumas PanaOIL, terutama pemilik armada dalam jumlah yang tidak besar maupun pemilik kendaraan pribadi.

PanaOIL juga mengenalkan produk Oli Swadaya yang secara khusus ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelumas transportasi ojek online. Produk itu diformulasikan diklaim memiliki daya tahan pelumasan yang lebih panjang, berkat konsep EQUIP (Effieciency-Quality-Unity-Integrity-Passion).


Baca juga: Pertamina Lubricants pasarkan pelumas LCGC di Sumatera

Baca juga: Grab - ExxonMobil Lubricants kerja sama perawatan kendaraan mitra

Baca juga: Suzuki rilis lima pelumas ECSTAR

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020