Jakarta (ANTARA) - Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2022 akan segera mengakhiri rangkaian kegiatannya di kota Semarang, Jawa Tengah.

Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi mengatakan pihaknya berencana terus memperluas cakupan penyelenggaraan pameran ini untuk mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia.

"Semakin luas jangkauan pameran otomotif GAIKINDO maka semakin terbuka kesempatan mendorong perkembangan dan pencapaian industri otomotif nasional," ujar Nangoi dalam keterangan pers, Kamis.

Lokasi kota Semarang yang terletak di pantai utara Jawa dan sebagai kota utama yang menghubungkan Jakarta-Surabaya dan kota-kota di selatan Jawa (Surakarta dan Yogyakarta) ini dinilai strategis.

Dengan populasi sebesar 1,6 juta jiwa, dan angka produk domestik regional bruto (PDRB) sebesar Rp189 triliun serta pencatatan distribusi kendaraan bermotor Jawa Tengah pada tahun 2021 mencapai 8 persen dari distribusi secara nasional, Semarang menjadi kota yang sangat potensial untuk pertumbuhan industri otomotif.

GIIAS Semarang akan hadir perdana pada 23-27 November 2022 di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah. Keputusan GAIKINDO tersebut mendapatkan dukungan penuh dari para anggotanya, yang sepakat untuk memaksimalkan potensi penyelenggaraan GIIAS Semarang.

Dukungan datang dari merek-merek ternama, yakni Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, Suzuki, Toyota dan Wuling. Selain itu, industri pendukung otomotif juga akan hadir pada pameran yang akan berlangsung selama lima hari tersebut.

"GAIKINDO mengusung misi pada setiap penyelenggaraan GIIAS untuk menunjukkan perkembangan industri otomotif Indonesia, memberikan edukasi yang tepat untuk masyarakat, sekaligus menjadi dorongan untuk pertumbuhannya," kata Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2022 Rizwan Alamsjah.

Oleh karena itu, penyelenggaraan GIIAS Semarang 2022 juga akan mengusung tujuan yang sama, GAIKINDO akan memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai teknologi dan produk otomotif terkini.

Contohnya seperti kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) dan keunggulannya, terciptanya dukungan dan permintaan masyarakat akan mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

"Pameran yang diinisiasi oleh GAIKINDO tentu kita harapkan menjadi penyemangat kita, untuk belajar lebih agar seluruh perangkat kemajuan itu bisa kita ciptakan sendiri," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.


Baca juga: Toyota BZ4X BEV berpotensi dijual di Indonesia

Baca juga: Astra Financial bukukan transaksi Rp2,012 triliun dari 3 GIIIAS

Baca juga: DFSK hadirkan jajaran kendaraannya di GIIAS 2022 Medan
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022