Jakarta (ANTARA) - Produsen truk listrik Nikola Corp telah setuju untuk membeli pemasok baterai Romeo Power Inc dalam transaksi saham secara keseluruhan seharga 144 juta dolar AS atau sekitar Rp2 triliun, sebagai langkah untuk memulai upaya membuat paket baterai.

Mengutip Reuters pada Selasa, Romeo Power adalah salah satu pemasok baterai perusahaan untuk truk listrik prototipe bersama dengan LG Energy Solution dan Proterra Inc.

"Nikola akan dapat mempercepat pengembangan platform elektrifikasinya dengan mengakuisisi Romeo Power," kata Chief Executive Officer Mark Russell.

Nikola mengatakan, mereka akan memberikan Romeo Power dana sementara sebesar 35 juta dolar AS atau sekitar Rp520 miliar untuk memfasilitasi operasi lanjutan.

Sebelumnya pada Juni lalu, perusahaan mengatakan mereka sedang mengevaluasi opsi untuk membuat paket baterai sendiri pada tahun 2024 untuk meningkatkan volume produksi dan mengurangi biaya.

Biaya bahan baterai saat ini memang telah meningkat sejak beberapa bulan terakhir. Kondisi diperburuk oleh invasi Rusia ke Ukraina yang memaksa produsen kendaraan listrik menaikkan harga, demikian Reuters menyiarkan pada Senin (1/8).


Baca juga: Nikola evaluasi opsi pembuatan paket baterai sendiri

Baca juga: LG Energy Solution akan jadi pemasok baterai produsen truk listrik AS

Baca juga: Nikola batal kembangkan truk sampah tenaga listrik
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022