Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA News) - PT. Astra Honda Motor (AHM) terus menggalakkan kampanye penggunaan motor berbasis teknologi program fuel injection (PGM-FI).   Honda motor berniat menjadikan semua produk mereka di Indonesia menggunakan teknologi tersebut.

Kepala Divisi Honda Customer Care Center ) PT. AHM Istiyani Susriyati mengakui sulit merubah kebiasaan pengendara motor yang sudah terbiasa denga mesin motor berbasis karburator. "Karena itu, AHM terus mengkampanyekan kepada dealer-dealer, bengkel dan pengendara," katanya..

Sepeda motor Honda yang telah mengadopsi teknologi PGM-FI adalah Spacy Helm-In 110 cc, Supra X Helm-In 125 cc, CBR 150 cc dan 250 cc, Revo AT dan PCX.

"Motor fuel injection akan menjadi harapan motor Honda di masa depan," katanya ketika menggelar jumpa media dalam rangka "Honda Bikers Day 2011" di Kawasan Wisata Bromo, Probolinggo, Jawa Timur akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan PGM-FI memiliki peranan penting untuk menciptakan motor bertenaga, irit dan ramah lingkungan. Honda membuat sensor oksigen untuk menghasilkan emisi rendah sesuai dengan standar euro 3.

Technical Service Division MPM Honda Teguh Dwi mengatakan motor Honda dengan teknologi PGM-FI memiliki sensor-sensor canggih untuk membuat motor lebih bertenaga, irit dan ramah lingkungan.

Di mesin motor  terdapat  sensor TP, MAT, IAT untuk memberikan input ke ECM tentang jumlah udara yang mengalir di dalam mesin.

ECM adalah sebuah rangkaian mini komputer yang berfungsi menerima sensor untuk memerintahkan penyemprotan jumlah bahan bakar dan waktu pengapian (injection) sedangkan sepeda motor konvensional bergantung pada fungsi karburator. Ada pula sensor EOT untuk memonitor kondisi panas mesin yang akan dilaporkan ke ECM.

"ECM adalah otak motor yang langsung terhubung ke komputer," katanya.

Kemudian, ada sensor Bank Angle untuk memonitor kemiringan motor sekitar 60 derajat dan melaporkannya ke ECM. Fungsi sensor itu mematikan mesin motor secara otomatis jika motor terjatuh. Hal itu mengantisipasi ledakan motor akibat bocornya tabung bensin ketika motor terjatuh.

Terakhir, fitur MIL untuk menginformasikan segala sesuatu jika terjadi kerusakan pada sistem injeksi dan sensor ke pengendara berupa kode pengedipan lampu berwarna merah di layar speedometer.
(adm)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011