Jakarta (ANTARA) - PT Nissan Motor Distributor Indonesia resmi meluncurkan mobil SUV kompaknya, All-New Nissan Magnite di Indonesia dengan harga mulai dari Rp200 jutaan dengan memboyong sejumlah fitur dan teknologi baru.

ANTARA berkesempatan untuk mencicipi bagaimana All-New Nissan Magnite mampu mengaspal dengan nyaman di jalanan perkotaan yang padat seperti di Jakarta.

Baca juga: Distribusi All-New Nissan Magnite di Indonesia dimulai Maret 2021

Impresi pertama dari mobil SUV kompak ini adalah desainnya yang dinamis, dengan bodinya yang dirasa pas dengan kondisi jalanan di perkotaan Indonesia.

Selain dinamis, mobil yang didesain di Jepang ini merupakan model Nissan pertama di Indonesia yang menampilkan logo Nissan baru.

Memasuki mobil, ANTARA disambut dengan kesan modern dan sporty. Sebagai catatan, ANTARA mencoba All-New Nissan Magnite varian Premium CVT.

Didukung dengan banyak tombol dan fitur yang akan menemani perjalanan lebih mudah. Ruang untuk pengemudi di depan maupun untuk penumpang di belakang pun cukup luas dan pas untuk ditumpangi.

Baca juga: All-New Nissan Magnite meluncur mulai Rp200 jutaan, ini fitur barunya
 
All-New Nissan Magnite. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Pada bagian dalam, Nissan Magnite hadir dengan kabin yang lapang dan posisi duduk yang tinggi. Visibilitas yang diberikan sudut penglihatan depan hingga 36,1 derajat.

Mobil ini didukung oleh mesin 1.0 liter turbocharged terbaru yang pertama di kelasnya, yang menawarkan pengalaman berkendara yang bertenaga, menyenangkan, dan hemat bahan bakar.

All-New Nissan Magnite pun mengusung mesin hemat bahan bakar dan yang pertama di kelasnya, HRAO 1.0 liter Turbo, yang sanggup menghasilkan tenaga puncak 100 PS dan torsi maksimum hingga 160 Nm.

Mesin HRAO TURBO ini menggunakan teknologi mirror bore cylinder coating yang juga digunakan Nissan GT-R, untuk mengurangi resistensi di dalam mesin, mengurangi bobot, meningkatkan manajemen panas dan pembakaran, hingga menghasilkan akselerasi lebih halus dan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Mesin HRA0 1.0 liter Turbo pun disebut dapat memberikan akselerasi hingga 50 persen lebih baik dibandingkan mesin non-turbo di kelasnya.

Baca juga: Nissan Magnite masuk Indonesia, harga varian tertinggi Rp238 juta

Selain itu, untuk transmisi otomatisnya adalah CVT yang biasanya tersedia di kelas premium. Dalam jumpa pers beberapa waktu lalu, Nissan mengklaim teknologi ini diharapkan bisa memberikan kenyamanan pengendara di jalan perkotaan.

Setelah dicoba, rupanya cukup memberikan pengalaman berkendara yang cukup nyaman dan mulus, terutama ketika tengah terjebak di jalanan perkotaan yang padat. Untuk pengoperasiannya pun terbilang mudah dan praktis.

Rasa berkendara yang nyaman dengan setir yang terbilang ringan ini membuat handling-nya mudah dikendalikan untuk menjelajahi padatnya lalu lintas, serta tidak memberikan rasa lelah.

Terdapat juga pilihan mode berkendara, yaitu normal dan sport. Sayangnya, ANTARA tidak dapat menjajal mode sport karena kondisi jalanan yang padat, sehingga tidak memungkinkan untuk melaju dengan kecepatan cepat.
 
All-New Nissan Magnite. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Guna menjelajahi lajur yang beragam, kendaraan ini hadir dengan dengan ground clearance setinggi 205 milimeter (tanpa beban), serta kehadiran roof rail fungsional pada atap mempertegas kemampuannya untuk diajak berpetualang di perkotaan.

Nissan juga memberikan serangkaian fitur keselamatan seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), hingga Hill Start Assist (HSA).

Sistem VDC yang unik dari Nissan meningkatkan kestabilan dan memungkinkan pengemudi untuk memiliki pengendalian yang lebih baik terutama saat berkendara pada kondisi cuaca yang kurang baik.

Dari sisi kelengkapan fitur hiburan, mobil ini juga sudah mendukung konektivitas nirkabel (wireless) untuk perangkat Android 9 ke atas dan iOS 11 ke atas.

All-New Nissan Magnite dibanderol mulai dari Rp208,8 juta untuk varian Upper MT, lalu varian Premium MT seharga Rp226,3 juta, dan Premium CVT Rp238,8 juta.

Nissan menjanjikan distribusi atau pengiriman SUV kompak All-New Nissan Magnite, ke konsumen di Indonesia akan dimulai sekira bulan Maret-Mei tahun ini.


Baca juga: Nissan Indonesia siapkan SUV compact baru

Baca juga: Nissan India akan produksi mesin HRA0 Turbo untuk Magnite

Baca juga: Nissan Magnite, calon pesaing Ford EcoSport dan Hyundai Venue
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021