Jakarta (ANTARA) - Kia Motors resmi meluncurkan SUV sub-kompak Sonet dan India akan menjadi pasar pertama yang diincar oleh Kia, mengingat mobil itu diproduksi di negara tersebut.

Persaingan SUV di segmen kompak akan sengit karena Kia Sonet akan menantang Hyundai Venue, Maruti Suzuki Vitara Brezza, dan Nissan Magnite.

"Penjualan mobil baru akan segera dimulai di India, dengan penjualan di banyak pasar global Kia akan menyusul," kata perusahaan dikutip dari Indian TImes, Minggu.

Kia Sonet akan ditawarkan dengan tiga pilihan mesin, yakni bensin 1,2 liter, bensin turbo 1,0 liter dan turbo diesel 1,5 liter.

Mesin itu dapat digabungkan dengan transmisi manual 5-kecepatan atau DCT 6-kecepatan, atau gearbox iMT 6-kecepatan baru.

Baca juga: Kia unjuk penampilan Sonet jelang debut dunia Agustus

Baca juga: Kia ungkap desain Sonet, mobil kedua produksi India setelah Seltos


SUV ini juga hadir dengan teknologi iMT baru di mana gearbox iMT 6-percepatan akan memungkinkan perpindahan tanpa kopling dengan kontrol level perpindahan manual. Hingga saat ini, fitur tersebut hanya tersedia di pasar India untuk Hyundai Venue.

Menurut pembuat mobil, SUV tersebut terinspirasi dari "bayi gajah". Lebih lanjut, desainnya yang berani memadukan ciri khas desain Kia, seperti gril "hidung harimau" yang menonjol, dengan kisi-kisi geometris "stepwell" tiga dimensi untuk kesan visual yang kuat. Sikap agresifnya juga menunjukkan daya tariknya yang kokoh.
 
Tampilan Kia Sonet. (Kia Motors Corp)


Karakteristik lain dari SUV ini termasuk AVNT 10,25 inci, teknologi mobil yang terhubung dengan "UVO" - start mesin jarak jauh canggih (baik dalam transmisi matik dan manual), pengemudi baris depan dan kursi berventilasi penumpang dengan pembersih udara murni canggih pertama di India dengan perlindungan virus.

Ho Sung Song, Presiden dan CEO Kia Motors Corporation berkata, “Segala sesuatu tentang Sonet baru adalah Kia yang unik dan pasti akan menyenangkan baik pengemudi maupun penumpang. Dengan bahasa desainnya yang agresif dan modern, dinamika yang menyenangkan untuk dikendarai, dan fitur-fitur teknologi tinggi terbaru Kia, Sonet menekankan ambisi kami untuk menjadikan Kia merek pilihan, terutama di antara konsumen milenial dan Gen Z.”

Beberapa fitur keselamatan pada SUV baru ini antara lain enam airbag, ABS dengan EBD, ESC, HAC, VSM dan bantuan rem, lampu kabut proyektor dan isofix child anchor.
 
Tampilan Kia Sonet. (Kia Motors Corp)


Ditawarkan dengan delapan monotone dan tiga pilihan warna eksterior dual-tone, Sonet adalah SUV pertama di segmen ini yang ditawarkan dalam trim GT Line yang sporty.

Pertama kali dipamerkan sebagai model konsep di Auto Expo 2020, SUV tersebut akan bersaing dengan model SUV segmen B lainnya seperti Hyundai Venue, Maruti Suzuki Vitara Brezza, dan Nissan Magnite

Baca juga: Kia tambah diler di Jakarta, Medan dan Bali

Baca juga: Kia ungkap interior Carnival 2020

Baca juga: Kia hadirkan Telluride Nightfall Edition 2021 di pasar Amerika

Pewarta: A087
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020