Jakarta (ANTARA) - Harga jual kembali menjadi salah satu faktor penting yang diperhatikan konsumen otomotif di Indonesia.

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan bahwa konsumen mobil di Indonesia, umumnya mementingkan harga jual kembali saat membeli mobil. Alasannya agar mobil lama mereka bisa dihargai tinggi, dan menjadi modal untuk "upgrade" atau tukar tambah mobil di masa mendatang.

Ia mengatakan, jenis mobil multiguna (Low MPV) yang umum di Indonesia, biasanya memiliki depresiasi harga yang tidak terlalu jauh, asalkan dirawat dengan baik, sehingga ketika dijual harganya tidak jatuh.

"Penurunan harganya paling 5-10 persen. Misalnya kemarin ambil Xpander Ultimate tahun 2018 harganya masih di atas Rp215 juta, tidak jauh dari harga barunya saat itu," kata dia kepada ANTARA beberapa waktu lalu.

"Harga jual kembali yang sesuai harapan didukung dengan servis record yang baik, kondisi mobil yang terawat, dan saat ini cukup mudah dilakukan karena penjual sudah memiliki jaringan servis yang baik," kata dia.

Khusus untuk merek Mitsubishi, Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto memberikan sejumlah kiat untuk menjaga harga jual mobil tetap tinggi. Berikut ulasannya:

Baca juga: Mitsubishi akan rilis empat mobil baru, Mirage berwajah Xpander?

Perawatan berkala di bengkel resmi
Servis berkala di bengkel resmi membuat kondisi kendaraan Anda akan tetap prima karena teknisi terlatih dan suku cadang yang digunakan berkualitas serta sesuai standar pabrikan.

Servis di bengkel resmi juga membuat garansi mobil Anda tetap terjaga dan menambah nilai jual mobil Anda ketika akan dijual kembali. Pembeli selanjutnya juga bisa memeriksa kondisi mobil secara akurat melalui bengkel resmi berdasarkan riwayat data servis yang tercatat.

Spareparts resmi dan BBM rekomendasi
Harga jual mobil Anda akan bertahan jika menggunakan suku cadang asli dari bengkel resmi karena sparepart tersebut sudah terjamin kualitasnya, sehingga memungkinkan masa pakai yang lebih optimal.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan bahan bakar (BBM) yang direkomendasikan oleh pabrikan, karena hal itu terkait dengan performa komponen pembakaran mesin yang berkaitan langsung dengan kondisi mesin mobil Anda.

Menjaga kondisi fisik dan mesin mobil
Menjaga fisik mobil tetap prima merupakan kunci agar mobil Anda memiliki harga jual kembali yang tinggi. Rawatlah eksterior dan interior mobil Anda dengan memastikan tidak ada baret, lecet atau penyok.

Jika mengalami kerusakan pada body, Anda bisa memanfaatkan layanan "Body & Paint" dari MMKSI yang tersedia di diler-diler mereka. Menggunakan layanan "Body & Paint" resmi akan memastikan kondisi cat dan bodi mobil Anda sesuai standar dengan warna cat yang sesuai pabrikan (tidak belang).

Menjaga orisinalitas kendaraan
Anda sebaiknya tidak tergoda untuk memasang bermacam aksesoris tak resmi pada mobil, alasannya adalah penggunaan aksesoris tak resmi akan menggugurkan garansi mobil Anda.

Menggunakan aksesoris tak resmi, terutama yang berkaitan dengan kelistrikan juga menimbulkan potensi kebakaran pada mobil karena perangkat yang tidak sesuai spesifikasi dan standar keamanan.

Jika ingin membuat mobil tampil beda, Anda bisa menggunakan aksesoris resmi yang dijual di diler MMKSI. Dengan demikian, harga jual mobil Anda tetap terjaga karena perawatan dan penggunaan aksesoris yang sesuai standar pabrikan.


Baca juga: Program akhir tahun MMKSI untuk Xpander hingga Triton

Baca juga: Menilik depresiasi harga Low MPV di pasar mobil bekas

Baca juga: Rifat Sungkar puas dengan performa Mitsubishi Xpander AP4

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020