Jakarta (ANTARA) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berencana tetap menjalankan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020, namun memangkasnya dari empat gelaran menjadi dua pameran saja.

Gaikindo akan mengkonsentrasikan penyelenggaraan pada dua pameran yakni GIIAS Surabaya 2020 dan The 28th GIIAS ICE-BSD City, Tangerang.

Adapun penyelenggaraan GIIAS Makassar dan GIIAS Medan akan dilaksanakan kembali pada tahun 2021.

“Kami harus berpikir ke depan, bahwa berbagai faktor harus kami prioritaskan, seperti kesehatan dan keselamatan masyarakat, kondisi perekonomian negara, dan selain itu kami juga harus memikirkan kepentingan industri, bahwa industri otomotif akan membutuhkan waktu untuk recovery, namun juga membutuhkan ajang untuk bangkit kembali," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam siaran pers pada Selasa.

Gaikindo berasumsi pada Juni 2020 pandemik menurun kemudian pada Juli 2020 kondisi negara akan berangsur-angsur normal, termasuk kondisi ekonomi Indonesia.

"Oleh karena itu kami memutuskan untuk berupaya tetap melangsungkan GIIAS 2020, konsentrasi ke dua penyelenggaraan, dengan beberapa penyesuaian," jelasnya.

Ketua III Gaikindo, Rizwan Alamsjah yang menjabat ketua penyelenggara pameran GIIAS mengatakan akan ada beberapa penyesuaian terkait pameran 2020.

“Kami harus membuat penyesuaian untuk fokus memenuhi kebutuhan industri dan tetap memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pengunjung," katanya.

Baca juga: GIIAS 2020 The Series sajikan gambaran otomotif masa depan

Baca juga: Mobil dan booth terbaik selama GIIAS 2019


"Kami mencapai kesimpulan bahwa menggeser tanggal penyelenggaraan adalah pilihan terbaik, dimana GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada bulan September dan The 28th GIIAS, BSD-CITY akan berlangsung dibulan Oktober,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa rencana itu adalah berdasarkan prediksi tanggap darurat yang ditetapkan pemerintah serta menimbang waktu persiapan yang dibutuhkan untuk persiapan penyelenggaraan pameran.

"Gaikindo percaya dengan penyesuaian waktu, pameran GIIAS The Series akan tetap menjadi pilihan terbaik bagi para Agen Pemegang Merek (APM) industri otomotif untuk kembali bangkit, dan menunjukkan semangat pencapaian lewat berbagai produk dan inovasi terkini kepada masyarakat, dan kembali memenuhi kebutuhannya pada 2020 ini,” ujar Rizwan.

Rencana penyelenggaraan GIIAS 2020 The Series adalah:

- GIIAS Surabaya pada 2-6 September 2020 di Grand City Convex Surabaya.

- The 28th GIIAS 2020 BSD-City 22 Oktober – 1 November 2020, di Indonesia Convention Exhibtion (ICE) BSD.

Baca juga: IIMS 2020 ditunda

Baca juga: Gaikindo batalkan GIIAS Surabaya 2020

Baca juga: Gaikindo pastikan semua prinsipal otomotif sudah miliki mobil listrik
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020