Balikpapan (ANTARA) - Kabar mengenai Datsun yang akan menghentikan produksinya di Indonesia telah beredar luas baru-baru ini, namun PT Nissan Motor Indonesia yang menaungi brand itu masih enggan berkomentar lebih lanjut.

"Sekarang, hari ini kita bicara soal Nissan, ya, tentang acara 'Cerita Livina'," ujar Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi saat ditemui di sela-sela acara "Cerita Livina; Nissan ke Ibu Kota Baru" di Balikpapan, Kamis.

Sebelumnya, kabar Datsun akan menghentikan produksi mobilnya di Indonesia disampaikan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Harjanto pada Selasa (26/11) lalu.

Baca juga: Datsun Indonesia berhenti produksi tahun depan

Harjanto mengatakan bahwa Nissan sedang mencari waktu yang tepat untuk melaporkan secara resmi detail rencana dan perkembangan bisnisnya kepada Kementerian Perindustrian.

"Nissan akan menghentikan produksi Datsun Go dan Datsun Go+ pada Januari 2020 lantaran skala penjualan di bawah skala ekonomi," kata dia.

Kendati demikian, Nissan akan semakin fokus untuk melanjutkan kegiatan manufaktur di Indonesia.

Lebih lanjut, tanpa Datsun, Nissan juga akan mengembangkan kendaraan listrik yang menjadi andalan mereka melalui model LEAF dengan teknologi e-Power.

Baca juga: Nissan kenalkan generasi kedua LEAF, apa keunggulannya?

Baca juga: Komentar dan strategi Nissan Indonesia soal produksi Datsun dihentikan

Pewarta: A087
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019