Jakarta (ANTARA) - Kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan saat ini sedang digencarkan, tidak terkecuali pabrikan otomotif asal Jepang, yakni Nissan yang memasarkan Kicks e-Power sejak awal 2020 lalu dan sukses menjadi salah satu produk andalan dari pabrikan tersebut.

"Nissan Kicks e-POWER merupakan bukti upaya berkelanjutan kami untuk menyediakan kendaraan bagi pelanggan kami yang tidak hanya memberikan sensasi berkendara mengesankan tetapi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan," kata National Sales Head PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Caca Tobing dalam keterangan resminya, Sabtu.

Kendaraan yang mengedepankan sisi sporty ini, hadir dengan rangkaian desain grille yang berdesain V-Motion, lampu depan berteknologi LED dengan Daytime Running Lights, serta lampu belakang LED yang dilengkapi dengan sentuhan futuristik.

Baca juga: Nissan perkenalkan empat mobil konsep baru di Beijing Auto Show

Tidak hanya tampil dinamis pada bagian luar, kendaraan ini diklaim juga memiliki sisi dalam yang nyaman berkat balutan nuansa modern dengan sentuhan premium yang membuat pengemudi maupun penumpang betah di dalam kabin.

Mobil ramah lingkungan yang sudah ada sejak 202 lalu ini, sudah dilengkapi dengan layar touchscreen 8 inci yang dapat terhubung dengan Apple Carplay dan Android Auto.

Tidak hanya itu, Nissan juga memanjakan pengguna dengan hadirnya layar MID 7 inci yang menampilkan beragam informasi kendaraan seperti jarak tempuh, menu pengaturan, waktu tempuh perjalanan, konsumsi BBM dan lain-lain.

Baca juga: Nissan resmi luncurkan NissanConnect generasi terbaru

Bahkan komponen tersebut juga dapat memberikan informasi tambahan mengenai pengisian daya baterai dan drive mode berupa layar digital berdimensi melingkar.

Guna menambah kesan yang modern, mobil ini sudah memiliki desain setir kemudi yang dilengkapi dengan tombol audio dan pengaturan intelligent cruise control. Tuas transmisi juga terbilang unik lewat penggunaan New e-Gear Shift Knob yang nyaman dan futuristik.

Berbagai desain modern banyak tersaji di sisi dalam kendaraan ini, seperti jok pengemudi dan penumpang yang sengaja dirancang mengusung teknologi Zero Gravity ala NASA (badan Antariksa Amerika) dibalut dengan leather material.

Baca juga: "Pop Up Little Tokyo" di Surabaya pamerkan mobil JDM legendaris

Teknologi tersebut diyakini oleh Nissan, dapat meminimalisasi tekanan gravitasi sehingga pengemudi dan penumpang merasakan sensasi melayang ketika mobil berjalan. Tujuannya adalah agar tidak cepat lelah dalam perjalanan jauh.

Untuk urusan tenaga, mobil ini telah dilengkapi dengan teknologi Nissan e-Power yang mengkombinasikan mesin 3-silinder berukuran 1.2 liter sebagai generator, serta motor listrik yang terintegrasi dengan inverter dengan kapasitas baterai 2,06 kWh.

Nissan Kicks e-Power menggunakan motor listrik EM57 dengan jenis motor AC3 synchronous motor. Mobil ini menggunakan transmisi single speed gear reduction, dengan tenaga maksimum 136 PS/4.000-8.992 rpm dan torsi maksimum 260 Nm/500-3.008 Nm.

Baca juga: GT-R akan segera mati, Nissan garap penggantinya

Mesin ICE (Internal Combustion Engine) berfungsi sebagai generator yang menghasilkan listrik yang akan disimpan di baterai lithium-ion, lalu sistem ini menyalurkannya ke motor listrik untuk memberi tenaga tanpa perlu mengisi daya dari luar.

Untuk memberikan kesan yang berbeda saat berkendara, kendaraan ini dilengkapi dengan mode berkendara yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan mereka seperti EV Mode, S Mode, dan Eco Mode.

Di Indonesia, kendaraan ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp519 juta on the road DKI Jakarta.

Baca juga: Nissan Leaf dan Kicks e-Power bersolek dengan tampilan baru di GIIAS

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024