Jakarta (ANTARA) - Pemasok suku cadang asal Jepang, THK akan memamerkan konsep mobil listrik baru yang dirancang oleh desainer Nissan GT-R Shiro Nakamura di pameran otomotif Paris mendatang.

Dilaporkan Autocar pada Selasa (24/9) waktu setempat, mobil konsep dengan nama LSR-05 tersebut merupakan SUV coupe empat tempat duduk, yang dirancang untuk memamerkan perkembangan teknologi terbaru perusahaan.

Mobil yang berfungsi penuh ini ditenagai oleh tiga motor listrik, yakni dua unit berdaya 125bhp dipasang di roda belakang, dan satu unit berdaya 295bhp dipasang di as roda depan.

THK belum menerbitkan angka daya gabungan, tetapi LSR-05 harus menyaingi Tesla Model Y Performance untuk kecepatan langsung, menyelesaikan sprint 0-62mph dalam waktu kurang dari 3,5 detik.

Baca juga: Skandal pengaturan harga suku cadang, perusahaan Jepang kena denda

Baca juga: Otomotif Jepang diskon suku cadang di Tiongkok


THK mengatakan motor di rodanya memungkinkan kemudi roda belakang, meningkatkan kelincahan dan kemampuan manuver LSR-05.

EV tersebut juga dilengkapi dengan suspensi aktif yang menurunkannya pada kecepatan tinggi untuk meningkatkan kinerja aerodinamisnya dan ketika diparkir di atas bantalan pengisian daya nirkabel untuk meningkatkan efisiensi transfer energi.

Menurut THK, hal ini memungkinkan mobil dipasang dengan pengisi daya on-board yang lebih kecil.

Di bagian dalam, mobil ini dilengkapi dengan layar sentuh infotainment yang membentang di seluruh lebar dasbor, mirip dengan Hyperscreen milik Mercedes-Benz.

Kontrol penting diletakkan di sepanjang konsol tengah, serta diproyeksikan ke panel di bawah layar besar.

Kursi-kursi dilengkapi dengan 'sistem geser kursi siluman' THK, yang diklaim memungkinkan rentang penyesuaian maju dan mundur yang lebih besar dalam alas kursi yang lebih ringkas.

Secara visual, LSR-05 menonjol karena desain botol Coca-Cola-nya, dengan bahu lebar yang menjepit ke dalam di pilar B.

THK telah menggunakan corak dua warna untuk membantu menyamarkan sebagian bobotnya, dengan lapisan hitam mengkilap yang kontras di sekitar skirting dan di atap.

LSR-05 adalah yang terbaru dalam serangkaian konsep EV yang dirancang oleh agensi SN Design milik Nakamura, mengikuti AIM EV Sport 01 yang ditampilkan di Goodwood Festival of Speed tahun lalu.

Nakamura merupakan salah satu nama yang paling dipuja dalam desain otomotif, yang dikenal dengan mobil-mobil terkenal seperti GT-R, Nissan 350Z, dan Isuzu Vehicross, di antara banyak lainnya.

Baca juga: Jepang hentikan pengiriman mobil "hybrid" dan EV ke Rusia

Baca juga: Produsen mobil Jepang alami krisis penjualan di China

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024