Jakarta (ANTARA) - PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) memperkenalkan manfaat teknologi ProPILOT Assist yang dikembangkan oleh Nissan bagi pengemudi.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers perusahaan pada Selasa, Kepala Penjualan Nasional PT NMDI Caca Tobing menyampaikan bahwa ProPILOT Assist menawarkan dukungan teknologi mengemudi yang bermanfaat bagi pengemudi dan pengguna jalan yang lain.

Menurut dia, dukungan intuitif dari teknologi mengemudi ini bisa mengurangi beban pengemudi selama berkendara.

ProPILOT Assist, yang dapat diaktifkan dan dinonaktifkan menggunakan tombol pada roda kemudi, bisa dimanfaatkan dengan baik ketika kendaraan melalui jalan dengan marka yang jelas.

Teknologi ini membantu pengemudi memahami kondisi jalan dan situasi lalu lintas serta mengendarai kendaraan secara presisi berdasarkan hasil analisis kondisi keamanan dan keselamatan di sekitarnya.

ProPILOT Assist membantu pengemudi menjaga jarak aman kendaraan dengan kendaraan di depannya dalam rentang kecepatan 30 km per jam hingga 120 km per jam.

Baca juga: Nissan bawa teknologi ProPILOT untuk Serena e-POWER

Baca juga: Nissan berusaha bangkit dengan kendaraan berteknologi e-Power

ProPILOT Assist sudah dipasang pada beberapa model kendaraan Nissan seperti Nissan X-Trail e-POWER, Nissan Ariya, dan Nissan Sakura.

Di pasar Indonesia, Nissan memasang ProPILOT Assist pada The All-New Nissan Serena e-POWER, yang sudah diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Tangerang, Banten. 

Fitur ProPILOT Assist pada The All-New Nissan Serena e-POWER memiliki fungsi utama mengontrol kecepatan secara otomatis pada rentang kecepatan yang telah ditentukan atau diatur sebelumnya.

Teknologi ini juga dapat mengontrol akselerasi dan pengereman untuk menjaga jarak aman dengan mobil di depan kendaraan serta menjaga mobil tetap berada di tengah lajur berkendara, baik di jalan lurus maupun saat melewati tikungan.

"Fitur ini memberikan bantuan yang intuitif dan aman kepada pengemudi selama perjalanan," kata Caca Tobing.

Baca juga: MobileTech luncurkan empat produk multimedia di GIIAS 2024

Baca juga: Hyundai bermitra untuk memperluas jaringan stasiun pengisian daya

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024