Jakarta (ANTARA News) - Pameran modifikasi dan aftermarket pertama dan terbesar di Tanah Air, Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang digelar pada 17-18 November di Balai Kartini, Jakarta mencatatkan transaksi penjualan hingga Rp3 miliar. 

"Kami senang dengan raihan positif dari penyelenggaraan perdana IMX. Pengunjungnya ramai, transaksi yang terjadi juga diluar perkiraan, dan 
paling penting banyak juga dukungan positif dari para pelaku modifikasi Indonesia yang berminat akan ikut berpartisipasi pada IMX selanjutnya," ujar Project Director IMX 2018 Andre Mulyadi, dalam keterangan resmi yang diterima, Senin. 

Sejumlah produk yang ditawarkan dalam pameran tersebut berhasil terjual dengan harga cukup tinggi. Seperti body kit set buatan lokal, KARMA by Kiki Anugraha yang berhasil laku sebanyak tujuh set, di mana harga satu setnya yang terdiri dari bumper depan-belakang, splitter, fender depan, over fender, side skirt, diffuser, dan ducktail dibanderol 3.000 dolar AS. 

Selain itu dari jajaran mobil modifikasi, terdapat beberapa kendaraan yang memperoleh tawaran dari kolektor. Misalnya Toyota Sprinter Trueno AE86 yang ditawar Rp1,7 miliar dan sebuah mobil klasik yang mendapat tawaran mencapai 400 ribu dolar AS.

Gelaran IMX 2018 juga menobatkan mobil Mazda RX-7 FD2S 2002 dengan modifikasi berbalut tuner RE Amemiya asal Jepang sebagai The Ultimate NMAA (National Modificator and Aftermarket Association) TOP 50. 

Tim juri yang terdiri dari modifikator asal Amerika Serikat Big Bike dan Ryan “Rywire” Basseri, serta perwakilan komite NMAA Yoshioka Shinta dari Osaka Automesse, menilai mobil tersebut memiliki kualitas modifikasi yang paripurna dan langka.

"Terima kasih banyak atas dukungan dari semua pihak karena turut menyukseskan terselenggaranya IMX 2018," tambah Andre. 

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Pemerintah sangat mengapresiasi terselenggaranya IMX 2018 ini. Dirinya yakin IMX akan menjadi pintu gerbang industri modifikasi dan aftermarket untuk lebih maju dan bisa bersaing dengan luar negeri.

"Ini kreativitas industri otomotif yang luar biasa, pertama kali diselenggarakan di Indonesia, Pemerintah mendukung. Kami berharap Indonesia Modification Expo bisa menjadi acara tahunan," katanya saat mengunjungi hari kedua IMX 2018, Minggu (18/11).

Raihan positif dari penyelenggaran perdana Indonesia Modification Expo mencapai tujuannya untuk membuka babak baru dunia modifikasi Indonesia agar semakin dikenal dan menjelma menjadi industri besar.

Baca juga: Resmi dibuka, IMX 2018 diharapkan jadi acara tahunan

Baca juga: Kawasaki Ninja 250 bergaya Scrambler curi perhatian di IMX 2018

Baca juga: Kunjungi IMX 2018, Bambang Soesatyo kepincut mobil modifikasi ini

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018