Makassar (ANTARA News) - Pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Makassar Auto Show 2018 resmi dibuka hari ini.

“Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan tertinggi setelah Papua, oleh karena itu penyelenggaraan GIIAS Makassar sangat penting untuk memperlihatkan kendaraan dan teknologi baru yang dimiliki Gaikindo. Dengan penyelenggaraan GIIAS Makassar, Gaikindo yakin ekonomi rakyat Sulawesi Selatan makin meningkat,” kata Ketua III Gaikindo, Rizwan Alamsyah, dalam sambutannya di Makassar, Selasa.

Senada dengan Rizwan, Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono menilai Makassar memiliki potensi ekonomi yang besar sehingga gelaran pameran otomitif seperti GIIAS Makassar akan kian menggeliatkan perekonomian masyarakat.

“Alhamdulillah Makassar dipilih sebagai salah satu dari empat daerah untuk GIIAS, kenapa Makassar? Karena ini ibu kota Sulawesi Selatan, gerbang timur Indonesia dan pusat distribusi dan redistribusi pasar bagian timur Indonesia. Oleh karena itu saya menyampaikan terima kasih pada penyelenggara, yakni Gaikindo. Semakin banyak aktivitas ekonomi jadi tanda bahwa Sulawesi Selatan makin terpercaya di dunia nasional maupun internasional, semua berlangsung aman dan damai di sini,” kata Soni.

Pameran otomotif terbesar di wilayah Indonesia Timur itu akan digelar enam hari 21 hingga 26 Agustus 2018 di Celebes Convention Center (CCC) Makassar di Jalan Metro Tanjung Bunga, Panambungan, Makassar. 

Pameran menghadirkan inovasi dan teknologi terkini dari lebih dari 30 peserta pameran, termasuk merek-merek kendaraan dan sepeda motor dari Agen Pemegang Merek (APM), yang terdiri dari 10 brand passenger car, 2 brand commercial vehicle, 2 brand motorcycle, dan lebih dari 17 industri pendukung otomotif.

Berbagai program yang diadakan di antaranya program sosial yang bekerjasama dengan Rumah Zakat untuk memberikan dana bantuan kepada korban bencara gempa di Lombok.

GIIAS Makassar juga menghadirkan acara aktivitas luar ruangan seperti live workshop modification serta audio design, hingga penampilan khusus dari berbagai komunitas mobil. Harga tiket GIIAS Makassar Rp10.000.

Sampai Juli total penjualan otomotif nasional 660 ribu unit, naik lima persen dari tahun lalu. Khusus Sulawesi penjualan sekitar 4 persen dan Sulawesi Selatan paling banyak 2,9 persen dari penjualan nasional.


Baca juga: Pengunjung GIIAS 2018 naik pada hari kerja, akhir pekan menurun

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018