Jakarta (ANTARA News) - Diler utama Yamaha area Sumatera Utara, PT Alfa Scorpii, resmi meluncurkan sepeda motor Yamaha Lexi guna melengkapi keluarga skuter otomatic (skutik) Maxi Yamaha yang telah hadir sebelumnya yaitu NMax, XMax, TMax dan Aerox.

PT Alfa Scorpii optimistis mampu menjual Lexi, yang menjadi skutik Maxi pertama kelas 125cc di Indonesia, sebanyak 1.500 unit sampai 2.000 unit setiap bulannya di wilayah itu.

"Ini adalah momentum yang pas bagi konsumen untuk ada di kelas yang lebih tinggi dalam berkendara. Jika sebelumnya konsumen menggunakan motor skutik low price model, Lexi menjadi tahap awal untuk ada di kelas yang berbeda yaitu Maxi Yamaha," kata Deputy GM Marketing Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) Eddy Ang dalam keterangannya, Selasa.

Secara umum, segmen skutik Maxi Yamaha menyumbang penjualan sekitar 20 persen dari total penjualan Yamaha di area Alfa Scorpii. Angka itu terus bertumbuh pada Januari 2018 hingga Maret tahun ini.

"Melihat desain yang elegan, fitur-fiturnya yang berkelas, dan harga yang pastinya murah untuk motor di kelasnya, kami dengan adanya Lexi akan semakin meningkatkan kontribusi kategori Maxi dan menambah pilihan bagi konsumen," ucap Chief Promotion Alfa Scorpii Jonie Lie.

Sebagai diler utama Yamaha wilayah Sumatera bagian utara, Alfa Scorpii menyumbang 28 persen penjualan motor Yamaha yang memenuhi permintaan konsumen di empat propinsi yakni Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

Dari total tersebut, Johnie mengakui Yamaha NMax menyumbang angka yang cukup besar. "Setiap bulan kami bisa jual rata-rata 1.000 unit," jelasnya.

Adapun kontribusi secara nasional, Alfa Scorpii menyumbang sekitar 10 persen. Dan tahun ini Johnie menargetkan bisa menaikkan market share sebesar 30 persen khusus untuk penjualan Yamaha di Sumatra bagian utara.

Baca: Yamaha TMAX DX, skutik premium seharga Rp300 jutaan

Distribusi mulai Mei

Perkenalan Yamaha Lexi di Medan berlangsung setelah dua bulan sejak diluncurkan di Jakarta pada Februari. Johnie Lie mengklaim permintaan untuk Lexi cukup tinggi kendati harga skuter 125 cc itu belum diumumkan secara resmi oleh pihak Yamaha.

Ia menjanjikan bahwa unit-unit Lexi sudah masuk ke diler-diler pada April dan mulai didistribusikan di Medan mulai Mei 2018.

"Mudah-mudahan di bulan April unit display sudah ada di semua diler kami. Mei nanti baru kami jual ke pasar sekaligus pengiriman unitnya ke konsumen," katanya.

Johnie Lie mengatakan calon pembeli Lexi datang dari bermacam segmen, termasuk kalangan konsumen yang beralih dari skutik kecil new entry, Yamaha Mio, untuk naik ke segmen yang lebih besar.

Baca: Komunitas Yamaha Maxi touring jelajahi puluhan kota
 
Journalist Max Community (JMC) touring dari Medan menuju Danau Toba, Sumatera Utara. (ANTARA News/HO/JMC)


Hari jadi ke-2 JMC

Sejalan dengan ragam kegiatan touring "Maxi Yamaha Tour de Indonesia", Yamaha Maxi Day Medan dan peluncuran Lexi di Sumatera Utara, puluhan jurnalis yang tergabung dalam komunitas pemilik motor Maxi Series (TMax, XMax, NMax, Aeroxx dan Lexi), merayakan hari jadi yang kedua dengan menggelar touring dari Medan menuju Danau Toba, Sumatra Utara.

Journalist Max Community (JMC) menikmati perjalanan berupa keindahan alam di "Tanah Karo" yang menempuh jarak total sekitar 300 km, dari Medan - Berastagi - Paropo - Silalahi dan berakhir kembali di Medan.

Selama tiga hari (30 Maret - 1 April 2018), JMC melakoni perjalanan seru dengan tiga model motor Yamaha Maxi Series, yakni XMax, NMax dan Aeroxx.

"Kami sangat bersyukur bisa merayakan HUT ke-2 JMC dengan sebuah perjalanan berkesan dan berlatar belakang keindahan alam Sumatra Utara yang memang sangat mempesona," ucap Sekjen JMC Muhammad Ikhsan di Sumatra Utara.

Ikhsan mengatakan kegiatan ini menjadi kado terbaik bagi seluruh anggota JMC yang berjumlah sekitar 24 orang dan berasal dari berbagai media nasional, baik online, cetak maupun elektronik.

Puncak perayaan hari jadi ke-2 JMC berlangsung di atas panggung Yamaha Maxi Day Medan, ditandai pemotongan tumpeng oleh Sekjen JMC serta disaksikan perwakilan PT YIMM, Alfa Scorpii dan seluruh komunitas yang hadir di acara Maxi Day Medan.
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018