Kenapa roda Mitsubishi Xpander berbaut lima?

Senin, 14 Agustus 2017 23:13 WIB
Kenapa roda Mitsubishi Xpander berbaut lima?
Mitsubishi Xpander menggunakan lima baut roda. (ANTARA News/Alviansyah)
Tangerang (ANTARA News) - Berbeda dengan mobil-mobil dari segmen multi purpose vehicle (MPV) lainnya, Mitsubishi Xpander menggunakan lima baut pada setiap roda-rodannya.

Boediarto, Departement Head Technical Service, Department Sales and Marketing Division PT MMKSI, mengatakan, Mitsubishi Xpander menggunakan lima baut pada roda karena faktor keamanan.

"Alasannya cuma satu, keamanan," kata Boediarto kepada wartawan di anjungan Mitsubishi pad GIIAS 2017, ICE-BSD City, Tangerang, Banten, Senin.

"Pembagian bebannya ada di lima titik, bukan empat. Semakin banyak maka semakin aman karena merata," sambung dia.

Boediarto menjelaskan, kendaraan yang mengangkut beban berat umumnya menggunakan baut roda yang tidak sedikit, misalnya roda truk ada yang menggunakan hingga 10 baut di setiap rodanya.

Ia juga mengatakan, pemilihan lima baut roda tidak berkaitan dengan kemudahan konsumen untuk mengganti-ganti velg aftermarket di pasaran yang banyak tersedia dengan lima baut roda.

"Tidak ada kaitannya dengan perilaku konsumen suka ganti-ganti velg, kebetulan saja velg yang baut lima banyak," jelas Boediarto.

(Baca: Mitsubishi Xpander gunakan penggerak roda depan, ini keunggulannya)

Pebalap nasional Rifat Sungkar juga mengatakan bahwa roda dengan lima baut akan memberikan kekuatan dan keamanan. Itulah sebabnya Pajero Sport menggunakan enam baut pada roda-rodanya.

"Kekuatannya lebih kokoh... lima baut pasti lebih kuat. Jadi tidak ada urusannya sama performa, tapi jaman sekarang mobil arahnya ke baut lima soalnya kekuatan kaki-kakinya lebih baik," kata Rifat pada Sabtu (12/8).

"Mobil dengan kapasitas berat, biasanya bautnya lebih banyak. Kenapa Pajero Sport bautnya enam? Karena kapasitas dan keamanan," pungkas Rifat.

(Baca: Fitur unggulan Mitsubishi Xpander)



Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2017

Kendaraan listrik otonom akan merevolusi mobilitas perkotaan dengan memangkas biaya perjalanan hingga 40 persen dan mengurangi emisi CO2 menjadi nol menurut ...
Pabrikan mobil sport Italia, Ferrari, menggelar pameran foto di Museum Ferrari guna memperingati 120 tahun pendirinya Enzo Anselmo Ferrari yang lahir pada 18 ...
Grup otomotif Jerman, Daimler, bersama perusahaan suplier Robert Bosch akan menguji armada swakemudi yang diberi nama Robo-taxis dalam beberapa bulan ke ...
Teknologi nano ceramic pada kaca film memang menawarkan visibilitas terbaik walaupun terkadang menimbulkan efek kabut bagi pengunanya.Untuk itu, produsen kaca ...
Permintaan sport utility vehicle (SUV) diprediksi masih tumbuh tahun ini, meskipun pasar otomotif diperkirakan masih lesu karena masyarakat cenderung wait and ...