Tangerang (ANTARA News) - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) resmi meluncurkan mobil keluarga serbaguna (multi purpose vehicle/MPV), Mitsubishi All-New Xpander, yang menawarkan ragam fitur dan keunggulan yang menyasar konsumen keluarga Indonesia.

Chief Executive Office MMC, Osamu Masuko, menjelaskan Mitsubishi Xpander telah disiapkan untuk memperluas kehadiran Mitsubishi, yang kuat di pasar SUV dan kendaraan niaga ringan di Indonesia, agar masuk ke segmen MPV yang besar dan terus berkembang.

"Kami ingin menjadi yang terdepan di perkembangan segmen ini dengan memperluas kehidupan konsumen kami," ucap Osamu Masuko saat world premiere Mitsubishi Xpander pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE-BSD City, Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu.

Mitsubishi Xpander yang didesain berdasarkan riset Mitsubishi atas persepsi konsumen Indonesia tentang mobil keluarga, menghadirkan kendaraan yang menggabungkan fungsionalitas MPV dan semangat petualang dari SUV.

Fitur keunggulan Mitsubishi Xpander meliputi ketangguhan dan kelegaan kabin untuk tujuh orang penumpang, karakter dan kenyamanan, gaya dan fungsi.

Berikut sejumlah keunggulan Xpander:

Desain besar

Corporate Vice President Design Division MMC, Tsunehiro Kunimoto, menjelaskan desain dan fitur Mitsubishi Xpander yang berbeda dari MPV lainnya adalah hasil dari diskusi panjang dengan para konsumen.

"Sebenarnya Xpander dirancang oleh para konsumen kami. Saya hanyalah mewujudkan pemikiran, kebutuhan dan keinginan mereka menjadi sebuah kendaraan," jelas Kunimoto beberapa waktu lalu.

Xpander memiliki panjang 4.475mm, lebar 1.750mm dan tinggi 1.700mm untuk model dengan ban 16 inci yang menggabungkan konsep MPV yang stylish dan lega serta diperkuat tampilan SUV yang tangguh dan dinamis.

Desain depan "Dynamic Shield" merupakan konsep yang melanjutkan garis desain Outlander PHEV, Pajero Sport dan Eclipse Cross, sekaligus melindungi penumpang dan pejalan kaki.

Fender yang lebar dan mengembang menambah kuat tampilan yang terinspirasi dari SUV. Posisi lampu LED berada di atas, sejajar dengan kap mesin, tidak hanya untuk alasan tampilan yang baik, namun juga untuk membuat mobil lebih terlihat.

Lampu utamanya terletak rendah di level bumper untuk memaksimalkan visual pada kondisi jalan yang sulit. Lampu kombinasi LED belakang secara unik mengarah ke pintu bagasi. Lampu LED belakang berbentuk L terpisah dari lampu rem.

(Baca: Mitsubishi Xpander gunakan penggerak roda depan, ini keunggulannya)



Nyaman dan lega

Mobil berkapasitas 7 penumpang ini memiliki ukuran yang lebih luas pada sisi luar (1,750mm) dan lebih besar dibandingkan dengan kompetitor di kelas MPV.

Xpander menawarkan ruang kabin lega dan terbaik di kelasnya serta tata letak yang sesuai, dilengkapi ruang bagasi yang luas, serta mengakomodasi tempat dan ruang kepala yang lebih untuk semua penumpang. Terdapat juga akses mudah untuk menuju baris ketiga yang nyaman.

Sandaran kursi di baris kedua dirancang dengan pembagian 60:40 dan sandaran kursi baris ketiga dibagi 50:50 yang dapat dilipat dengan mudah untuk mengatur kursi dan koper dalam berbagai kombinasi, atau untuk memberikan area penyimpanan datar yang luas tanpa benturan maupun celah.

Sandaran tengah kursi baris kedua dapat dilipat menjadi sandaraan tangan atau menjadi ruang untuk menaruh barang-barang yang sangat panjang, seperti karpet yang dilipat dan tangga.

Ada banyak ruang penyimpanan besar dan kecil yang dapat menampung segala sesuatu mulai dari barang bawaan yang sangat besar hingga smartphone dan koin. Bahkan terdapat "kotak rahasia" tersembunyi yang terletak di dalam dashboard.

Xpander memiliki 16 tempat untuk menaruh botol minum pada door trim dan konsol tengah yang terletak di antara kursi depan.

Tingkat kebisingan yang rendah sehingga percakapan antar penumpang tidak akan terganggu. Ada juga panoramic windshield yang terbuat dari kaca tebal kualitas tinggi yang kedap suara dan dilapisi penyerap bunyi untuk menghalangi kebisingan dari luar.

(Baca: Mitsubishi Xpander nyaman, kabinnya juara, kata Rifat Sungkar)

Kemudahan teknologi

Sistem elektronik unggul yang terdapat pada Xpander membuat berkendara lebih menyenangkan. Multi-Information Color LED display di bagian tengah instrument cluster membuat pengendara selalu mendapatkan informasi terkait kondisi kendaraan.

Ketika mesin mobil dinyalakan terdapat tampilan khusus untuk menyambut pengemudi dan indikator eco-drive yang membantu memberikan informasi bahan bakar agar tetap efisien.

Sistem hiburan dapat dihubungkan dengan bluetooth pada smartphone, melakukan panggilan dengan mode hands-free, dan sambungan koneksi internet. Terdapat slot USB pada tiap baris kursi yang dilengkapi dengan soket listrik 12 volt juga tempat menaruh smartphone pada tiap kursi.

Keyless Operating System (KOS) memungkinkan kendaraan dibuka dan mesin dapat dinyalakan ketika kunci KOS berada di kantung pengemudi karena kunci KOS terhubung secara nirkabel dengan kendaraan.

Posisi lampu akan tetap menyala selama 30 detik ketika pintu dibuka dengan remote. Lampu juga akan tetap menyala selama 30 detik ketika pengemudi keluar dari mobil setelah mesin dimatikan.




Perluasan performa


Rangka dan sistem penggerak menggabungkan elemen terbaik SUV dan MPV. Ground clearance setinggi 205mm untuk model dengan ban 16 inci, yang memungkinkan kendaraan dikendarai di jalan tak beraspal maupun medan tropis.

Tingkat kenyamanan dan stabilitas berkendara yang unggul juga bisa dirasakan berkat bodi ringan berkekuatan tinggi dan desain suspensi optimal, yang membedakan Xpander dengan MPV lain.

Mobil ini menggunakan mesin bensin 1.5L, 16 katup, 105 ps, yang dilengkapi Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control (MIVEC) guna menghasilkan output berdaya lebih, namun tetap rendah konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang.

Mesin tersebut menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Adapun kedua powertrains memberikan dorongan dan kinerja yang andal, bahkan saat mendaki bukit curam dengan muatan penuh.

Xpander juga menggunakan Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) pada struktur bodi monokok, yang menggabungkan penyerapan energi efisien dengan integritas kabin tinggi.

Terdapat pula kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan, juga sabuk pengaman tiga titik di semua kursi. Fitur keamanan lainnya, Xpander memasang Brake Assist, Anti-lock Braking System (ABS), Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HSA) dan juga Emergency Stop Signal System (ESS).

Harga dan varian

No. Varian Mesin Transmisi Harga 
(OTR Jabodetabek)
1 Ultimate 1.5L MIVEC 4 A/T Rp 245,350,000
2 Sport DOHC 16 valve Rp 237,150,000
3 Exceed (4 cylinder) Rp 224,950,000
4   5 M/T Rp 214,550,000
5 GLS    Rp 208,550,000
6 GLX   Rp 189,050,000

Video



(Baca: Desain "besar" Mitsubishi Xpander lahir dari permintaan konsumen)

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017