Jakarta (ANTARA) - PT Blue Bird Tbk (Bluebird) layanan terbaru Lifecare Taxi yang dilengkapi kursi khusus untuk mendukung mobilitas lansia, orang berkebutuhan khusus, atau mereka yang memerlukan perhatian ekstra.

Pengembangan Lifecare Taxi meliputi penggunaan armada baru yaitu MPV (Multi-purpose Vehicle) berkabin lega dan kursi penumpang yang dirancang agar dapat naik dan turun secara otomatis. Dengan kursi tersebut, para penumpang tidak kesulitan saat menaiki atau turun dari kendaraan.

“Di Bluebird kami percaya setiap perjalanan punya cerita, dan Lifecare Taxi dapat membuat cerita-cerita tersebut menjadi lebih berarti, lebih manusiawi, dan lebih inklusif bagi semua orang," kata Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono saat acara peluncuran di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Bluebird melakukan inisiatif kepedulian lingkungan dan sosial

Hingga saat ini, total lima unit Toyota Voxy dengan kursi khusus yang diimpor dari Jepang (Completely Built Up/CBU) telah terlabeli Lifecare Taxi. Tiga di antara mobil itu beroperasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, sementara sementara dua lainnya beroperasi di Bali.

Jumlah tersebut secara bertahap dapat bertambah mengikuti permintaan konsumen ke depan.

Peluncuran armada baru Lifecare Taxi Bluebird yang dilengkapi kursi otomatis di Kantor Pusat Bluebird, Mampang, Jakarta, Kamis (25/4/2024). (ANTARA/Pamela Sakina)

Andrianto menambahkan Bluebird juga telah bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit di Jakarta, salah satunya RS Kanker Dharmais untuk dapat memberikan opsi pelayanan baru bagi para pasien yang membutuhkan angkutan yang dapat mendukung keterbatasan mobilitasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetono mengatakan hingga saat ini layanan Lifecare Taxi masuk pada kelas premium Bluebird, yakni Silverbird.

Karena jumlah armada yang masih sangat terbatas, Sigit menyebut, Lifecare Taxi akan memprioritaskan calon penumpang yang membutuhkan armada khusus tersebut. Namun, layanan tetap dapat digunakan penumpang tanpa masalah kesehatan atau pun mobilitas bila tidak ada pesanan kebutuhan terkait.

“Semua pesanan yang dipakai ini biasanya memang hanya boleh dipesan melalui call center dan diverifikasi kebutuhannya ke mana, pemakaiannya untuk apa. Jadi, tetap bisa berjalan seperti layanan regular biasa, tapi, pada saat ada pesanan khusus, itu menjadi prioritas,” kata Sigit.

Lifecare Taxi merupakan bagian dari program Bluebird Peduli. Layanan yang beroperasi selama 24 jam itu pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2014 sebagai bentuk kepedulian perusahaan bagi disabilitas, wanita hamil hingga lansia. Namun, seluruh armada Lifecare Taxi generasi terdahulu belum dilengkapi kursi khusus seperti saat ini.

Baca juga: Bluebird luncurkan fitur EZPoint di aplikasi MyBluebird

Baca juga: IKN hadirkan transportasi pintar, dari mobilitas otonom hingga drone

Baca juga: Kemenhub tingkatkan layanan penerbangan penumpang berkebutuhan khusus

Baca juga: Bergerak bersama wujudkan Jakarta yang ramah disabilitas

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024