Berkenalan dengan Honda Civic Hatchback Turbo (video)

Rabu, 14 Juni 2017 10:46 WIB | 7.089 Views
Berkenalan dengan Honda Civic Hatchback Turbo (video)
Model berpose di samping Honda Civic Hatchback Turbo (ANTARA News/Try Reza Essra)
Jakarta (ANTARA News) - PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan mobil baru Civic Hatchback Turbo dengan tema "Drive Sexiness" yang dibanderol Rp438 juta untuk tipe E dan Rp399 juta untuk tipe S.

"Segmen hatchback merupakan salah satu pasar yang terus memiliki potensi besar di Indonesia. Kehadiran Honda Civic Hatchback akan membuka pasar yang baru untuk hatchback kelas atas," kata Marketing & After Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandy di sela-sela test drive di Jakarta, Selasa malam.

Berikut penjelasan singkat Honda Civic Hatchback Turbo:

Eksterior

Eksterior Honda Civic Hatchback dikembangkan dengan konsep "Extremely Sporty Design With Innovative Silhouette" yang terlihat dari tampilan desain yang sporty di setiap sudut.

Mobil ini tampil dengan desain bumper depan bergaya agresif, dilengkapi lampu depan full LED untuk varian E dan projector untuk varian S. Seluruh varian dilengkapi LED Daytime Running Light (DRL) yang terintegrasi grille bernuansa mewah.

Penambahan LED Fog Lamp dan Side Position Lamp turut menambah kesan sporty pada bagian samping sekaligus meningkatkan keselamatan berkendara.

Pada bagian belakang, Rear Combi Lamp serta LED Light Bars dengan desain yang meruncing di sudut menambah kesan sporty.

Terdapat pula Dual Exhaust Pipe yang meningkatkan efisiensi pelepasan gas emisi, sehingga performa mesin lebih bertenaga dan maksimal. Sementara, velak 17 inci menggunakan desain racing untuk meningkatkan performa berkendara.

Interior

Honda Civic Hatchback mengusung konsep interior "Daring ACE Design" yang memadukan material berkualitas, konsol tengah yang gampang dan enak digunakan, serta posisi berkendara nan nyaman.

Di balik roda kemudinya, Meter Cluster dengan Multi Information LCD Display memberikan berbagai informasi penting saat berkendara melalui layar informatif. 

Pengaturan posisi mengemudi semakin mudah dengan sistem Tilt & Telescopic pada roda kemudi, serta sistem 8-way Driver Power Seat Adjuster untuk varian E dan 6-way Driver Manual Seat Adjuster untuk varian S.

Di konsol tengah, terdapat sistem audio video berlayar sentuh 7 inch yang dibekali teknologi Wireless Mirroring untuk Smartphone Android dan iOS di tipe E dan HDMI Support di tipe S.

Pengaturan audio juga dapat dilakukan melalui Steering Switch Control yang terdapat pada roda kemudi. Terdapat pula fitur Hands-Free Telephone Switch yang memungkinkan pengemudi menerima panggilan telepon tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.

Fitur canggih lain yang disematkan pada Civic Hatchback meliputi Smart Key yang berfungsi mengunci, membuka, hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis sehingga kabin telah sejuk saat pengemudi memasuki kendaraan.

Teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu. One Push Ignition System berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol.

Sementara, fitur Cruise Control untuk melajukan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi juga dapat mengendalikan kecepatan dengan tombol pengatur di roda kemudi.

Untuk menambah kenyamanan dan keamanan, Honda Civic Hatchback juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper untuk tipe E, serta Rear Parking Camera.

Mesin

Honda Civic Hatchback menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology yang menghasilkan tenaga dan torsi maskimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 5.500 rpm.

Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi.

Sistem ini memberi akselerasi yang responsif, lebih halus dan performa mesin yang maksimal, serta konsumsi bahan bakar yang efisien.  

Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat penambahan fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS). 

Efisiensi bahan bakar Honda Civic Hatchback didukung fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi-fungsi lainnya untuk memaksimalkan penggunaan bahan bakar.

Mesin yang lebih ringan dengan kerja yang lebih efisien menghasilkan performa yang bertenaga, efisiensi bahan bakar, sekaligus tingkat emisi bersih yang telah lulus uji standar emisi EURO 2 oleh pemerintah Indonesia, bahkan memenuhi standar EURO 4 Compliance.

Keselamatan

Honda mengaplikasikan teknologi rangka orisinal G-Force Control (G-CON), dengan tujuan menjaga keutuhan struktur pada ruang penumpang dengan cara menyerap dan mengalirkan energi dari suatu benturan.

Sementara ACETM memberikan perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran.

Bodi Honda Civic Hatchback juga dirancang dengan struktur Pedestrian Protection pada lima bagian yang dapat meredam energi dan meminimalkan cedera pada pejalan kaki.

Ketika terjadi tabrakan keras, Pretensioner Seatbelt akan mengencang sehingga tubuh tetap berada pada posisinya dan mencegah gerakan dada ke depan.

Sedangkan Load Limiter berfungsi mengurangi tekanan yang berlebih dan mencegah cedera pada bagian dada sekaligus memastikan posisi tubuh jatuh pada airbag yang mengembang.

Honda Civic Hatchback juga dilengkapi dengan ena airbag untuk varian E dan Dual SRS Airbags untuk varian S yang dapat mengurangi risiko cedera pada pengemudi dan penumpang.

Sementara ISOFIX & Tether berfungsi sebagai pengait kursi bayi di kursi belakang kendaraan dalam menunjang keselamatan.

Fitur keselamatan Honda Civic Hatchback juga meliputi Electric Parking Brake yang memberi kemudahan dalam melakukan parking brake cukup dengan satu sentuhan.

Terdapat pula Auto Brake Hold untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti sempurna pada saat tanjakan atau turunan, untuk menghindari mobil meluncur tanpa menginjak rem terus-menerus.

Selain itu, Honda Civic Hatchback juga telah dilengkapi dengan fitur lain, seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal.

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2017

Produsen ban asal Prancis, Michelin, masih fokus untuk memperkenalkan dan membangun brand mereka kepada calon konsumen di Indonesia, kendati sudah masuk pasar ...
Asuransi Astra meluncurkan layanan baru bernama Garda Oto Digital, layanan asuransi kendaraan bermotor yang bisa dibeli secara online. Peluncuran Garda ...
Toyota Motor Corporation mengungkapkan sebuah konsep bus bertenaga fuel cell yang diberi nama Sora.Teknologi fuel cell menggunakan alat konversi energi ...
Di sela kunjungan kerjanya ke Jepang, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga mengadakan pertemuan dengan CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko ...
Yamaha menggelar perayaan satu dekade Yamaha Vixion dengan menggelar jambore yang diramaikan ribuan anggota komunitas dan konsumen di Rizen Kedaton Gunung ...