Jakarta (ANTARA) - Tahun 2023 menjadi tahun panas di industri otomotif, selain telah berdiri tegak pasca pandemi COVID-19, tahun ini, para Agen Pemegang Merek (APM) berlomba-lomba meluncurkan produk-produk terbaiknya.

Tak hanya merk-merk raksasa, sejumlah nama yang baru masuk Indonesia juga tak mau kalah dalam menawarkan kendaraan berkualitasnya kepada masyarakat Indonesia.

Di tengah gempuran mobil hybrid dan listrik, mobil bermesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE) atau yang masih menggunakan bahan bakar minyak, masih menarik hati masyarakat.

Baca juga: Ini fungsi lubang yang mirip untuk pengisian BBM pada Omoda 5E

Tentu banyak dari model-model kendaraan baru yang diluncurkan tahun ini, mulai dari model yang belum ada sebelumnya, maupun versi penyegaran atau facelift. Berikut yang berhasil kami rangkum:

Chery Omoda 5 GT (ANTARA/HO/CSI)


Chery Omoda 5

SUV Crossover Premium Chery ini pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada ajang otomotif Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2023 Februari lalu.

Meski baru masuk pasar Indonesia, mobil ini cukup mengejutkan industri otomotif, pasalnya, tidak hanya dari segi desain yang modern, fitur teknologi yang futuristik, dan tenaga yang besar di kelasnya, Omoda 5 juga sangat terjangkau bila dibandingkan para rivalnya dengan spesifikasi serupa.

Banyak impresi dari kalangan masyarakat maupun pecinta otomotif mengatakan bahwa mengemudi mobil asal Tiongkok ini serasa seperti mengemudi mobil pabrikan Eropa. Tentu saja, sebab, sejak tahun 2012, Chery dan Jaguar Land Rover Motors bersama-sama berinvestasi dalam pembentukan Chery Jaguar Jaguar Motors Co., Ltd., yang merupakan perusahaan mobil high-end pertama China-Britania.

Omoda 5 varian Z dan RZ menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, Turbo. Kinerja mesin kemudian disalurkan melalui transmisi otomatis CVT dengan simulasi virtual 9-percepatan, mampu mengeluarkan tenaga sebesar 145 hp dan torsi 230 Nm.

Sementara varian terbarunya Omoda 5 GT dibekali dengan mesin 1.600 T GDI yang bertenaga 197 HP dan torsi 290 Nm. Omoda 5 GT menyediakan dua versi yakni menggunakan penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD) dan penggerak empat roda (All Wheel Drive/AWD).

Harga Chery Omoda 5 Z Rp334,8 Juta, Rp404,8 juta untuk varian RZ, Rp453,=8 dan 493,8 juta untuk varian GT AWD.

Baca juga: Mitsubishi Xforce, SUV tangguh digemari wanita

Baca juga: All New Honda Civic Type R jadi mobil FWD tercepat di Nurburgring

 

All New Honda Civic Type R (ANTARA/HO)


All New Honda Civic Type R

Mobil sport All New Honda Civic Type R dihadirkan dengan desain agresif dan juga mesin yang lebih bertenaga pada Maret 2023 di Indonesia. Mobil tersebut mengusung mesin 2.0 Liter VTEC Turbo untuk menunjang performanya.

Dengan spesifikasi tersebut, All New Civic Type R sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 319 PS, meningkat 9 PS dibandingkan generasi sebelumnya, dan torsi maksimum 420 Nm, meningkat 20 Nm dibandingkan generasi sebelumnya.

Mobil ini dijual sekitar Rp1,4 miliar dengan lima pilihan warna yaitu Championship White, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Sonic Gray Pearl dan warna terbaru Racing Blue Pearl.

Mitsubishi Xforce (ANTARA/HO)


​​​​​​​Mitsubishi Xforce

Mitsubishi XFORCE merupakan kendaraan penumpang dengan model compact SUV lima penumpang yang memiliki karakter penuh gaya dan tangguh, menyuguhkan handling yang baik, kenyamanan serta utilitas fitur seperti interiornya dan berbagai ruang penyimpanan yang luas.

Di Indonesia, Mitsubishi XForce hadir dengan dua varian seperti Ultimate CVT dan juga Exceed CVT. Untuk varian Ultimate CVT dibanderol dengan harga Rp412,9 juta sedangkan untuk Exceed CVT dijual seharga Rp379,9 juta dengan pilihan warna Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic.

Wuling Alvez (ANTARA/HO/Wuling Motors)


​​​​​​​Wuling Alvez

SUV ringkas kapasitas lima penumpang Wuling Alvez resmi meluncur di Indonesia pada ajang IIMS 2023, dibekali mesin berkapasitas 1.485 cc, 4-silinder segaris, DOHC, sehingga mampu menghasilkan tenaga 105 tk pada 5.800 rpm dan torsi 143 Nm di putaran 4.000 rpm-4.600 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT untuk tipe CE dan EX, sedangkan tipe terendah yaitu SE memakai transmisi manual 6-percepatan.

Baca juga: Stargazer dan Creta dongkrak penjualan Hyundai hingga 40 persen

Baca juga: Wuling Alvez sabet label mobil paling layak di Uzone Choice Award 2023


Mobil turut dilengkapi dengan teknologi pintar Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV). Fitur ini terdapat pada produk Wuling lain yang mengaplikasikan Wuling Silver Logo. Alvez juga dibekali Advanced Driver Assistance System (ADAS) sebagai fitur keselamatan berkendara aktif.

Wuling Alvez tersedia dalam tiga varian, yaitu SE seharga Rp209 juta, tipe CE seharga Rp255 juta, dan tipe EX seharga Rp295 juta. Masing-masing punya lima pilihan warna; merah, hitam, abu, perak, dan putih.

Hyundai Stargazer X (ANTARA/Chairul Rohman)


​​​​​​​Hyundai Stargazer X

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID)menawarkan varian yang berbeda untuk Hyundai Stargazer melalui label X di belakang dengan serangkaian perubahan dibandingkan generasi sebelumnya.

Selain hadirnya pengereman yang sudah menggunakan cakram, dan interior yang lebih mewah, Hyundai Stargazer X juga disisipi dengan bumper, grill, cap mesin hingga over fender yang terlihat berbeda dengan Hyundai Stargazer sebelumnya.

Varian terbaru dari Stargazer ini sudah dilengkapi dengan fitur Lane Keeping Assist dan mesin Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC dan sistem Intelligent Variable Transmission (IVT) yang memastikan performa maksimal dan efisien.

Hadir dengan dua varian, Hyundai Stargazer X Style dijual dengan harga Rp325,6 juta. Sedangkan untuk varian Stargazer X varian Prime dibanderol Rp336,2 juta.

Toyota All New Yaris Cross (ANTARA/Chairul Rohman)


Toyota Yaris Cross

Toyota Yaris Cross mulai diluncurkan pada Juni 2023 silam. Mobil berjenis compact SUV ini muncul dengan dua opsi yakni murni mobil bermesin bakar dan model bermesin hybrid.

Pada varian mesin bensin, Yaris Cross dijajakan dengan dua pilihan trim level yakni Yaris Cross 1.5G dan varian atasnya Yaris Cross 1.5S. Yaris Cross versi bensin memiliki mesin 1.500 cc, 4-silinder, Dual VVT-i transmisi matic CVT atau versi manual 5-percepatan, dengan tenaga maksimum 106 hp torsi 138 Nm.

Dari harga, Yaris Cross non Hybrid ini dijajakan mulai dari Rp351 juta hingga Rp407 juta.

Baca juga: Suzuki sebut pasar "city car" potensial, siap-siap hadirkan S-Presso?

Baca juga: Yaris Cross 2024 dapat opsi "hybrid" lebih bertenaga dan layar besar

Suzuki S-Presso (ANTARA/HO/Suzuki)


​​​​​​​Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso, sebenarnya pertama diluncurkan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 silam, namun baru beberapa bulan setelahnya, Suzuki kembali merilis mobil hatchback mungil tersebut dengan pembaruan varian di hari pertama IIMS 2023 Februari lalu. Disebut versi pembaruan, lantaran S-Presso 2023 ini mengalami penambahan fitur, bahkan sudah menggunakan mesin baru.

Tambahan fitur tersebut cukup banyak, yang mencakup fitur keselamatan hingga hiburan, seperti teknologi ESP (Electronic Stability Program) untuk menjaga kestabilan kendaraan, Hill Hold Control (HHC),untuk menahan posisi kendaraan sesaat ketika berhenti di tanjakan, head unit layar sentuh baru berukuran 7 inci (sebelumnya 6,8 inci), dan masih banyak lagi.

Meski masih berkapasitas silinder yang sama (1.000 cc), sektor dapur pacu versi 2023 menggunakan mesin baru berkode K10C (sebelumnya K10B), yang diklaim lebih efisien dan ramah lingkungan. Mesin K10C ini mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 49 kW (65,7 dk) di 5.500 rpm dan torsi 89 Nm pada 3.500 rpm.

Bila S-Presso varian MT sebelumnya dibanderol Rp155 juta (on the road DKI Jakarta), versi 2023 ini dijual dengan harga Rp168.3 juta. Sedangkan untuk varian AGS yang sebelumnya Rp164 juta, kini jadi Rp178.3 juta.

SUV All New HS dari Morris Garage yang baru diluncurkan di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (25/1/2023). (ANTARA/Pamela Sakina)


​​​​​​​New MG HS

Morris Garage merilis New MG HS untuk pasar Indonesia, pada 25 Januari 2023. Ini adalah versi penyegaran atau facelift dari model serupa yang sudah dipasarkan di Indonesia sejak tiga tahun silam.

Baca juga: MG luncurkan SUV terbaru All New HS

Dari segi tampilan, SUV ini memiliki perubahan tampang yang cukup signifikan dan terlihat lebih segar. Terlebih dengan lampu full LED, desain model lampu sein terbaru serta Digital Flaming Grille yang membuat tampak depan SUV lima penumpang ini lebih berkarakter.

SUV ini dilengkapi fitur Electric I-MAX Panoramic Sunroof, i-SMART Intelligent System, hingga Smart Drive. Fitur Smart Connect dan Smart Command pada head unit juga tersedia di MG HS terbaru ini.

Membawa basis mesin 1490 cc, New HS dibekali dengan Turbo TGI dengan sistem transmisi Twin Clutch Sportonic Transmission (TST) 7-percepatan, dari mulai mode eco hingga super sport. SUV baru ini ditawarkan dengan harga mulai Rp455,8 juta hingga Rp545,8 juta untuk varian tertinggi.

New Daihatsu Terios (ANTARA/Fathur Rochman)


​​​​​​​New Daihatsu Terios

All New Terios resmi diluncurkan pada awal Juni 2023. Versi terbarunya ini menyuguhkan tampilan baru hingga interior yang tampak lebih elegan dari versi terdahulunya.

Wajah All New Terios terlihat lebih gagah karena sentuhan di desain eksteriornya. Mulai dari bumper, grille, smoke headlamp, illuminating lamp, aero kit di depan dan belakang, side stone guard di samping kanan kiri, hingga side body moulding ditambahkan pada keluaran terbaru ini.

Pada bagian interior, kabin Terios 2023 didominasi oleh warna hitam dengan aksen merah. Jok berbahan kulit juga memberikan aura elok nan elegan pada tampilan dalamnya.

Tersedia varian transmisi manual dan matic, mobil low SUV andalan Daihatsu ini dibanderol mulai Rp236 juta hingga Rp303 juta untuk varian tertingginya.

Baca juga: Mitsubishi akan luncurkan SUV baru di GIIAS 2023, sudah bisa dipesan

Baca juga: Produksi dan pengiriman Tesla capai rekor baru pada kuartal 1 2023

Baca juga: Wuling Air EV dengan NEV jadi sorotan di Canton Fair 2023

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023