Beijing (ANTARA) - Penjualan mobil penumpang energi baru di China melonjak pada September 2023, menurut data dari sebuah asosiasi industri pada Rabu (11/10).

Bulan lalu, penjualan retail kendaraan penumpang energi baru di China naik 22,1 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 746.000 unit, menurut Asosiasi Mobil Penumpang China (China Passenger Car Association/CPCA), lapor Xinhua.

Dalam sembilan bulan pertama tahun ini, hampir 5,19 juta unit mobil energi baru terjual melalui jalur retail, melonjak 33,8 persen dari setahun lalu, kata CPCA.

Penjualan grosir mobil-mobil ini mencapai 829.000 unit pada September, naik 23 persen (yoy).

Data tersebut juga mengungkapkan bahwa ekspor mobil penumpang energi baru China meroket 107 persen dari setahun lalu menjadi 91.000 unit, atau mencakup 25,4 persen dari total ekspor mobil penumpang negara itu.

CPCA tetap optimistis mengenai prospek ekspor kendaraan energi baru. Dengan keunggulan skala dan perluasan pasar, semakin banyak produk energi baru buatan China yang mendunia dan mendapatkan penerimaan yang lebih tinggi di luar negeri, ujar asosiasi tersebut.


 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023