Tangerang (ANTARA News) - Pabrikan suku cadang asal Jepang, DENSO, menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk produk busi mereka yang dikirimkan ke pasar DENSO di seluruh dunia.

Hal itu diungkapkan Presiden Direktur PT DENSO Sales Indonesia, Marwan Tjia, di sela-sela keikutsertaan mereka dalam ajang pameran Gaikindo di ICE BSD City, Tangerang, Sabtu.

"Seluruh pasokan global untuk busi itu berasal dari Indonesia, karena Indonesia dijadikan basis produksi busi," kata Marwan.

Oleh karena itu secara kuantitas, busi menjadi komponen suku cadang yang produksinya paling banyak digarap oleh DENSO yang di Indonesia memiliki tiga fasilitas pabrik dengan jumlah karyawan 6.670 orang itu.

Marwan mengungkapkan 96 persen dari total karyawan DENSO menyerap tenaga kerja lokal.

"Untuk posisi tertentu yang strategis memang kami masih dibantu oleh rekanan dari Jepang, tetapi 96 persen dari seluruh karyawan adalah orang Indonesia. Karena kami ingin terus maju bersama lingkungan sekitar tempat kami melakukan aktivitas bisnis," ujarnya.

Selain memproduksi busi, di pabrik pertama Indonesia mereka yang berada di Sunter, Jakarta Utara, DENSO juga menghasilkan beberapa suku cadang otomotif lain seperti Cooper Radiator, Stick Coil, Oxygen Sensor dan Oil Cooler.

Sementara pabrik kedua lebih fokus pada pengatur kondisi udara mobil dan pabrik ketiga di area Electronic Control Unit.

Marwan mengatakan kandungan lokal dari produk-produk mereka beragam dan berada di kisaran 50-60 persen.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016