Jakarta (ANTARA News) - Lexus RX, sebagai pionir kendaraan kelas Luxury Crossover Sport Utility Vehicle (SUV) di dunia, ingin berbagi kunci kesuksesan produknya yang terletak pada kepuasan konsumen terhadap performa mobil.

Takayuki Katsuda, Chief Engineeer Lexus RX, yang terlibat pada proyek Lexus generasi tiga dan empat, mengatakan Lexus RX berkontribusi 25 persen atas penjualan Lexus secara global. Sementara untuk pasar Indonesia berkontribusi sampai 50 persen.

"RX memiliki poin penting yaitu memuaskan pelanggan. Biasanya pelanggan yang sudah mencoba RX akan setia dan tidak akan pergi ke merek lain," kata Takayuki Katsuda dalam sebuah diskusi terbatas di Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu.

"Kontribusi penjualan 25 persen di dunia membuktikan bahwa orang-orang mencintai RX ini. Untuk Indonesia juga besar, sekitar 50 persen, pelanggan Indonesia sudah memahami betapa bagusnya RX ini," tambah Takayuki Katsuda.

Kendati produknya sudah diakui, namun Katsuda menilai RX harus tetap dikembangkan menjadi sosok mobil SUV mewah yang tidak tertandingi dengan cara mempercantik desain dan fungsi.

"Saya senang kesuksesan Lexus diakui. Namun untuk mobil yang terpenting adalah hasil akhirnya," katanya.

"Waktu saya mengembangkan mobil ini, jantung saya berdebar karena cemas. Untuk itu saya pikirkan supaya New RX berbeda dengan mobil lain," kata Katsuda.

Ide utama dari Lexus RX adalah menciptakan mobil crossover yang mewah, tangguh di desa namun membanggakan ketika dibawa untuk ke kantor.

General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja mengatakan kombinasi tangguh dan mewah Lexus RX menjadi kunci utama kendaraan SUV ini diterima baik di Indonesia.

"Lexus RX adalah tulang punggung kami. RX bisa diterima karena jalanan di Indonesia tidak terlalu prima," katanya.

New Lexus RX

Berhasil menguasai pasar crossover premium membuat Lexus Indonesia optimistis memperkenalkan Entirely-New Lexus RX.

Sebagai generasi keempat dari crossover mewah, Entirely-New Lexus RX kali ini hadir dengan tema 'seductive strenght' yang menampilkan desain mobil modern yang berani dan tangguh.

Tampilan berani terlihat dari desain garis tegas mengartikan karakter kuat dan dinamis serta dimensi kendaraan yang lebih kuat dan panjang sehingga memberikan ruang kabin yang lebih lapang.

Katsuda menjelaskan filosofi utama perubahan Lexus terbaru terletak pada ukuranya yang lebih panjang.

"Filosofi perubahannya pada ukuran...New Lexus RX menjadi lebih panjang namun tingginya dan lebarnya tetap sama sehingga tidak mengganggu aerodinamis dan lebih irit," kata Katsuda.

"Ukuran lebih besar untuk memberikan kesan kokoh dan berani," kata Katsuda.

Untuk urusan mesin, Katsuda belum mau memberikan bocoran namun ia meyakinkan bahwa mesin New Lexus RX memiliki bobot yang lebih ringan dari seri terdahulunya.

Selain itu, interior kabin yang mewah selalu menjadi ciri khas produk Lexus ditopang dengan suspensi terbaru yang terasa nyaman kendati dikendarai di jalan bergelombang.

Adapun fitur remote touch interface generasi terbaru disematkan pada Lexus RX anyar akan memudahkan pengemudi mengoperasikan semua fungsi dan mendapatkan informasi tentang kendaraan.

Fitur keamanan blind spot monitor pun akan memberikan rasa aman berkendara melintasi medan yang berat.

Jika pada seri RX terdahulu memiliki kesamaan desain dengan Toyota Harrier, maka pada Lexus terbaru tidak lagi sama.

Sebelumnya, Lexus RX generasi pertama sudah hadir pada 1997 hingga 2003, generasi kedua pada 2003 hingga 2008, dan Lexus RX generasi ketiga hadir pada 2008 hingga 2012.

Kendati belum dirilis secara resmi namun Adrian Tirtadjaja yakin Entirely-New Lexus RX sudah banyak dinanti konsumen mobil crossover karena sesuai kondisi jalanan di Indonesia.

"Kemungkinan baru akan datang pada akhir tahun ini namun yang memesan sudah 100 orang dan mereka tidak peduli berapa harganya," kata Adrian.
Oleh
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015