Jakarta (ANTARA News) - Acara "Live Modz Show Off" 2014, yang merupakan bagian dari pameran aftermarket dan modifikasi otomotif Auto Aftermarket Industry and Tuning Trade Fair (AAITF), mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kegiatan modifikasi mobil tercepat secara Live.

Piagam penghargaan MURI itu ditujukan untuk PT KIA, PT Auto Euro Indonesia, dan PT Dyandra Tarsus Internasional bersama Signal Kustom.

Ajang modifikasi mobil yang menggunakan dua mobil, yakni Renault Duster dan KIA Rio, dilakukan dalam waktu 3 kali 24 jam.

"Modifikasi mobil ini kami lakukan dari hari Rabu (21/5) jam 9 pagi sampai hari Jumat ini (23/5) jam 9 pagi," kata Andre Wahyudi, CEO Signal Kustom yang adalah tim modifikator dalam ajang tersebut.

"Live Modz Show Off" diikuti oleh 12 peserta dari komunitas pecinta modifikasi mobil. Para peserta mengambil bagian dalam empat area modifikasi, yaitu eksterior, interior, audio, dan video atau "undercarriage".

Menurut Andre, pada hari pertama kegiatan modifikasi yang dilakukan, antara lain membongkar bumper, jok, pintu, plafon, dan beberapa bagian mobil lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan pengecatan interior, penjahitan karpet dan dasar jok, instalasi projector, mengganti per, dan lain-lain.

Memasuki hari kedua pameran AAITF 2014, para peserta "Live Modz Show Off" secara keseluruhan telah memodifikasi mobil Renault Duster dan KIA Rio hingga 65 persen, dengan sisa waktu 25 jam dari total waktu 3 kali 24 jam yang disediakan.

Persentase 65 persen modifikasi itu mencakup Air Brush Renault Duster 80 persen dan Air Brush KIA Rio 60 persen.

"Hari kedua, untuk pembuatan box audio Renault Duster telah selesai dicat, sedangkan untuk box audio KIA Rio dalam proses touch up, Penggantian under carriage, oli, interior sudah hampir selesai, tinggal di instal saja," kata Andre.

"Untuk hari ketiga, pada pagi harinya kami tinggal finishing touch saja," tambahnya.

Ia mengaku untuk melakukan modifikasi mobil dalam waktu 3 kali 24 jam itu, ia harus menggilir waktu kerja anggota kru-nya agar proses modifikasi dapat dilakukan secara non-stop.

"Kecuali menjelang hari ketiga, semua anggota kru dikerahkan karena masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan," ungkapnya.

Kedua mobil yang sudah dimodifikasi itu nantinya akan dibawa untuk Road Show dan akan ditampilkan dalam ajang Indonesia International Motor Show 2014.

Sementara itu, pihak penyelenggara acara, Senior Project Manager Trade Fair Division Dyandra, Alfin Mulia Rahman mengatakan, Live Modz Show Off tahun ini merupakan modifikasi ringan karena penggunaan komponennya masih menggunakan aftermarket yang bersifat dipakai secara massal. "Kedepannya untuk kegiatan ini nanti kami akan meningkatkan modifikasi di tingkat yang ekstrem," ujar Alfin.
Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014