Jakarta (ANTARA) - CEO Honda Toshihiro Mibe mengatakan bahwa perusahaan akan menggandakan investasi dalam elektrifikasi menjadi 10 triliun yen, atau sekitar Rp1 kuadriliun, yang difokuskan untuk elektrifikasi kendaraan hingga aplikasi yang lebih besar seperti penerbangan dan kelautan.

Langkah ini merupakan pernyataan niat yang kuat dari Honda, yang percaya bahwa kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) menawarkan solusi paling efektif untuk masa depan transportasi.

Jangka waktu mereka untuk beralih ke mobil listrik, baik dengan baterai maupun sel bahan bakar, tetap sama, dengan tenggat waktu 2040 untuk kendaraan kecil.

Baca juga: Honda diwartakan akan bangun pabrik kendaraan listrik baru di Kanada

Meski tidak menjelaskan lebih lanjut, Mibe mengisyaratkan penggunaan bahan bakar berkelanjutan untuk aplikasi penerbangan dan kelautan.

Dorongan utama dari investasi tersebut juga untuk mengurangi biaya pengadaan baterai di Amerika Utara sebesar 20 persen dan biaya produksi secara keseluruhan sebesar 35 persen. Untuk melakukannya, Honda mengatakan akan beralih ke pembuatan baterai secara internal.

Meskipun pembuatan baterai adalah komponen terbesar, perusahaan juga akan membeli bahan baku dan memperluas dukungannya untuk menggunakan kembali dan mendaur ulang untuk membangun rantai nilai EV yang terintegrasi secara vertikal.

Baca juga: Honda gelontorkan Rp178 triliun untuk bangun EV di Kanada

Perusahaan Jepang ini juga bertujuan untuk melakukan pengembangan perangkat lunak secara internal. Kemajuan lain dalam produksi adalah Honda akan menggunakan Gigacasting milik Tesla, yang mereka sebut sebagai Megacasting.

“Kami harus memiliki ini secara internal, tidak hanya untuk memastikan pasokan yang stabil tetapi juga untuk mengurangi biaya dan mengembangkan kinerja baterai. Kami membutuhkan uang untuk melakukan ini. Kami memiliki kemampuan untuk mendapatkan uang tunai yang cukup, dan itulah sebabnya kami mengumumkan angka 10 triliun yen hari ini,” kata Mibe dikutip Carscoops, Jumat.


Honda 0 Space-Hub (ANTARA/X/HondaJP)
Interior Honda 0 Space-Hub (ANTARA/X/HondaJP)


Dan ini juga bukan angka yang kecil bagi Honda. Selain direvisi naik dua kali lipat dari rencana awal, investasi mobil listrik baru sebesar 10 triliun yen sangat besar jika mempertimbangkan pendapatan tahunan perusahaan yang terakhir hanya sebesar 1,12 triliun yen (sekitar Rp114 triliun).

Langkah ini tampaknya merupakan respons langsung terhadap produsen mobil listrik China, yang telah lama unggul dalam mengendalikan biaya. Sebagai contoh, BYD memproduksi baterainya secara internal dan memiliki kontrol yang ketat atas rantai pasokannya.

Baca juga: Honda ikut berkompetisi di ranah elektrifikasi China

Ini hanyalah salah satu alasan mengapa perusahaan dapat menawarkan modelnya lebih murah daripada pesaing.

Dalam jangka pendek, Honda masih akan fokus pada mobil hibrida. Perusahaan akan merilis dua versi baru dari sistem e:HEV dan memperkenalkan e-AWD dengan menggunakan motor dari mobil listriknya saat ini.

Perusahaan memperkirakan penjualan mobil hibrida akan mencapai puncaknya pada tahun 2029 atau 2030, dengan motor bensin dihapuskan secara bertahap menjelang tahun 2040.

Prospek jangka menengah dan panjangnya adalah Honda bertujuan untuk memiliki 40 persen dari penawarannya yang ditenagai oleh EV atau FCEV pada akhir dekade ini.

Baca juga: Honda pangkas harga di Australia setelah alami penjualan terendah

Honda Seri 0 akan memfasilitasi hal ini dengan tujuh model yang dijadwalkan akan diluncurkan antara sekarang dan 2030, dengan Amerika Utara mendapatkan sedan EV pertama pada tahun 2026.

Ini akan diikuti oleh SUV ukuran sedang dan SUV entry-level, sebelum tahun 2027 menghadirkan SUV EV “ukuran besar” tiga baris.

Setiap mobil dalam Seri 0 akan memiliki berat 220 lbs (100 kg) lebih ringan dari mobil listrik pabrikan saat ini, dan berdasarkan pengujian EPA, mobil-mobil tersebut akan memiliki jangkauan lebih dari 300 mil (482 km).

Selain itu, 10 model baru akan diluncurkan di China pada tahun 2027, di bawah Seri Ye yang baru saja diumumkan oleh perusahaan.

Model-model kecil, kemungkinan model kategori Kei (kei car), akan diperkenalkan di pasar domestik Jepang, dimulai dengan “N-VAN e:” yang akan tersedia untuk dibeli pada musim gugur ini, dan sepeda motor listrik dengan paket baterai yang dapat ditukar.

Baca juga: Honda luncurkan tiga EV generasi baru untuk pasar Tiongkok

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024