Beijing (ANTARA) - Pabrikan otomotif asal China, ROX Motor, menghadirkan Sport Utility Vehicle (SUV) ROX 01 dalam varian Extended Range Electric Vehicle (EREV) sebagai mobil yang memadukan ketangguhan dalam bertualang luar ruangan dengan kenyamanan.

Sebagai EREV, ROX 01 beroperasi sebagai kendaraan listrik murni selama daya baterainya mencukupi. Ketika baterai hampir habis, mesin pembakaran internal mulai bekerja untuk menghasilkan listrik yang diperlukan untuk menggerakkan kendaraan sehingga pengemudi tidak perlu khawatir kehabisan baterai di jalan.

"Keunggulan mobil ini pertama tampilannya bagus, kedua performa akselerasinya sangat cepat. Pengemudi dapat mengendarai dan mengarahkan kendaraan dengan sangat mudah meski bodinya besar," kata CEO ROX Motor, Jarvis Yan kepada ANTARA dalam Chengdu Motor Show 2024 di Chengdu, provinsi Sichuan, China pada Jumat (30/8).

ROX 01 memiliki dimensi cukup besar yaitu panjang 5050 mm, lebar 1980 mm dan tinggi 1869 mm serta jarak sumbu roda 3010 mm.

Secara tampilan, ROX 01 adalah memberikan kesan tangguh dan elegan dari grill depan yang luas yang dilengkapi dengan lampu depan berbentuk Y di kedua sisinya, memperluas lebar visual sekaligus memancarkan aura yang berwibawa. Sentuhan aksen hitam yang mengelilingi grill dan logo merek meningkatkan estetika tegas kendaraan.

Profil samping kendaraan ini menarik perhatian dengan garis-garis lurusnya. Desain atap punya dua warna, dipadukan dengan garis atap datar, memperkaya ruang kepala di dalam kabin dan dilengkapi rak atap yang ditujukan untuk pengguna yang berorientasi pada off-road.
Mobil SUV keluaran ROX Motor dalam gelaran Chengdu Motor Show 2024 di Chengdu, provinsi Sichuan, China pada Jumat (30/8) (ANTARA/Desca Lidya Natalia)


Sistem suspensi roda "double wishbone" di bagian depan dan "multi-link H-arm" di bagian belakang menawarkan penanganan dan kemampuan off-road dengan kemampuan mencapai kedalaman air maksimum 700 mm. Dengan sistem tersebut, ROX 01 juga dapat menaklukkan tanjakan curam dengan sudut pendakian maksimum 45 derajat.

Di bagian belakang, ROX 01 mempertahankan estetika yang bersih dengan garis-garis lurusnya, selaras dengan karakternya yang tangguh namun halus. Lampu belakang berbentuk T yang ditempatkan secara vertikal meniru lampu depan, sementara kaca belakang yang lebar meningkatkan visibilitas interior.

Pintu belakang juga dapat menjadi tempat menggantungkan ban serep meningkatkan kemampuannya di medan off-road.

"Mobil ini juga punya bagian yang dapat diperluas sehingga bila dibawa untuk berkemah, bagian dalam bisa diubah menjadi tempat tidur, dan dapur untuk membuat kopi atau memasak makanan sederhana," kata Jarvis menambahkan.

Di bagian kabin, interior ROX 01 mengadopsi desain yang rap dengan tekstur serat kayu alami dari kayu ek putih dan jok kulit nappa asli. Terdapat juga layar "head unit" berukuran 15,7 inci dan layar hiburan di bagian kursi tengah berukuran 15,6 inci.

Untuk tempat duduk, ROX 01 memiliki dua pilihan yaitu enam kursi (2+2+2) untuk kebutuhan SUV bisnis komersial di dalam kota atau konfigurasi 7 tempat duduk (2+2+3) untuk kebutuhan berpetualangan di alam terbuka.

ROX 01 menggunakan sistem listrik penggerak empat roda dengan motor ganda yang dapat diperluas jangkauannya, menghasilkan daya maksimum 350 kW dan torsi gabungan 740 N·m. Akselerasi hingga 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 5,5 detik. Kecepatan puncaknya diklaim mencapai lebih dari 200 kilometer per jam.
"Off-Road Master Edition" dalam gelaran Chengdu Motor Show 2024 di Chengdu, provinsi Sichuan, China pada Jumat (30/8) (ANTARA/Desca Lidya Natalia)


Dengan paket baterai lithium seri 5 CATL 56,01 kWh dan tangki bahan bakar berkapasitas 70 liter, kendaraan ini menawarkan jangkauan 282 km menurut standar "China Light Duty Vehicle Test Cycle" (CLTC) yaitu perkiraan jarak berkendara yang dapat ditempuh kendaraan dengan sekali pengisian daya berdasarkan pengujian dalam kondisi berkendara di kota, jalan raya, dan gabungan, dan 235 km menurut standar "Worldwide harmonized Light vehicles Test Cycles" (WLTC) atau pengkuran standar Eropa.

Konsumsi bahan bakar gabungan standar WLTC hanya 7,95 liter per 100 kilometer. Dilengkapi dengan mode manajemen energi cerdas, ROX 01 menawarkan jangkauan gabungan baterai dan motor 1.362 km (menurut CLTC) dan 1.275 km (menurut WLTC).

Dengan dilengkapi sistem bantuan berkendara cerdas L2+, mencakup NOA kecepatan tinggi, dan fungsi penyeberangan cerdas. Didukung oleh dua chip NVIDIA Orin-X, tiga lidar HESAI, dan serangkaian kamera definisi tinggi, radar gelombang milimeter, dan sensor ultrasonik membuat ROX 01 siap untuk menghadapi medan salju, gunung, lumpur, air maupun berpasir.

ROX Motor juga membuat dua edisi khusus yaitu "ROX 01 Fishing Master Special" dengan bodi berwarna "peach" dilengkapi dengan berbagai perlengkapan memancing dan "Off-Road Master Edition" berwarna abu gelap yang dilengkapi dengan radar di bagian depan sehingga memberikan kesan mobil pemburu.

"Untuk dua edisi khusus ini memang murni baru konsep, kalau orang-orang mau membeli kami akan mengumpulkan pesanan dan membuatnya," kata Chief Strategy Officer (CSO) ROX Motor Wu Yue.

Wu mengaku bahwa target pasar dari ROX Motor cukup spesifik dan tidak banyak ditemukan di China.

"Tapi orang-orang di China belakangan menyukai olah raga luar ruang yang cocok menggunakan mobil ini. Awalnya memang tidak banyak yang suka tapi di Chengdu mobil seperti ini cukup populer karena dari Chengdu orang-orang bisa datang ke Tibet atau ke tempat lain yang menawarkan alam yang menantang," ungkap Wu.

ROX 01 dibanderol seharga 299.900 yuan, atau sekitar Rp655 jutaan untuk konfigurasi 7 kursi dan 309.900 yuan atau Rp679 juta untuk konfigurasi 6 kursi. Sedangkan ROX 01 edisi khusus dibanderol seharga 349.900 yuan, atau sekitar Rp766 juta untuk konfigurasi 7 kursi dan 359.900 yuan atau Rp788 juta untuk konfigurasi 6 kursi.

Baca juga: Industri China tanggapi rencana UE terapkan tarif impor EV China
Baca juga: Ratusan pengguna gabung komunitas mobil listrik BYD di Indonesia
Pewarta:
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024