Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor menyatakan seluruh desain mobil yang dikeluarkan oleh Toyota merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan pabrikan itu kepada pelanggan setianya.

"Sebagai wujud apresiasi terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan Toyota selama ini, Toyota selalu berupaya dalam menghadirkan inovasi produk dan layanan yang sesuai dengan karakteristik konsumen Indonesia, salah satunya dengan menghadirkan line-up dengan desain yang lebih stylish dan beauty," kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Johnny mengatakan, sebelumnya desain Toyota disebut-sebut konvensional. Namun, sekarang desain Toyota telah berubah.

Nilai-nilai seperti fun to drive, Wakudoki, dan keen look dikembangkan pada sejumlah produk mobil baru Toyota, dengan tetap mengedepankan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Menurut dia, desain yang stylish dan beauty dapat terlihat antara lain pada produk yang baru diluncurkan seperti The All New Toyota Vios dan The All New Corolla, serta New Toyota Yaris yang akan resmi diperkenalkan tidak lama lagi.

"Beauty and stylish desain Toyota juga dapat terlihat di line-up produk seperti New Toyota Yaris, Yaris Show Off, Toyota Crown, Toyota Fortuner, Toyota Vios, serta Toyota Corolla," ujar dia.

Seluruh mobil-mobil tersebut turut ditampilkan dalam acara Toyota Appreciation Night, di Ballroom Kempinski Hotel Jakarta, pada 4 Februari 2014.

Acara Toyota Appreciation Night diperuntukan bagi pelanggan Toyota, di Indonesia, yang telah mendukung, memberikan kepercayaan, dan kesetiaannya.

Johnny mengatakan berkat dukungan dan kepercayaan pelanggan, Toyota mampu mengakhiri tahun 2013 dengan hasil menggembirakan, meskipun tahun itu tercatat sebagai tahun penuh tantangan bagi industri otomotif Indonesia.

Sepanjang 2013 Toyota berhasil menembus penjualan 434.232 unit. Pencapaian yang merupakan pemecahan rekor terbaru ini mencatatkan pertumbuhan 7,1 persen dibandingkan dengan 2012 sebanyak 405.414 unit.

“Toyota sangat bersyukur pelanggan merespon dengan positif upaya Toyota untuk menghadirkan layanan dan produk terbaik bagi pelanggan. Berkat dukungan pelanggan inilah Toyota berhasil meraih pencapaian rekor 2013,” kata Johnny.

Johnny mengatakan pencapaian yang diraih sepanjang tahun lalu, kian memacu Toyota untuk melakukan perbaikan terus-menerus demi memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Lebih jauh dia menjelaskan apresiasi yang diberikan Toyota tidak hanya diberikan kepada para pelanggan setia Toyota, melainkan juga kepada masyarakat Indonesia melalui program Toyota Berbagi.

Johnny mengatakan Toyota Berbagi diwujudkan dalam tiga hal yakni pertama, dengan menghadirkan produk dan teknologi yang dapat mendukung mobilitas masyarakat Indonesia seperti Toyota Kijang dan Toyota Avanza.

Kedua, pengembangan industri otomotif Indonesia yaitu dengan turut mengembangkan industri otomotif nasional dengan cara memperkuat daya saing internasional untuk perluasan ekspor, peningkatan kandungan komponen lokal, serta ketiga, pengembangan sumber daya manusia, serta kontribusi sosial melalui aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR).

"Aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) sendiri berpegang pada empat pilar, yaitu pendidikan, lingkungan, keselamatan berkendara, serta pengembangan komunitas dan penanganan bencana," ujar Johnny.

Menurut dia, beberapa aktivitas CSR yang dilakukan sepanjang 2013 hingga awal 2014 antara lain peningkatan status empat sekolah Sub TTEP menjadi TTEP yakni SMKN 1 Cibinong, SMK Bunda Satria Wangon, SMKN 2 Surabaya, dan SMK Pelita Binjai, memberikan bantuan beasiswa bagi 3.375 pelajar dan mahasiswa, bantuan 20 kegiatan dan 26 mahasiswa untuk proyek penelitian, bantuan 500 buku untuk menunjang pendidikan otomotif, sharing session dengan di Institute Teknologi Bandung, penyelenggaraan lomba Toyota Eco Youth, Mampang Intersection, maupun revitalisasi Taman Semanggi.

Sementara itu di awal 2014, Toyota juga turut berbagi dengan memberikan bantuan 10 unit perahu karet kepada Palang Merah Indonesia untuk membantu penanganan bencana banjir, serta pemberian donasi kepada masyarakat sekitar lokasi bisnis Toyota di area Sunter, Jakarta Utara, dan Karawang, Jawa Barat, bagi karyawan, maupun pelanggan.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014