Jakarta (ANTARA News) – Reputasi seorang CEO berdampak besar bagi perusahaan di mata konsumen karena posisinya sebagai brand ambassador dari perusahaan yang dipimpinnya, kata praktisi public relation Agung Laksamana.

“CEO itu bagian dari ekuitas perusahaan. Apa kita mau beli produk dari perusahaan yang CEO-nya bermasalah?” kata Agung Laksamana dalam peluncuran buku berjudul Rahasia Reputasi Toyota Indonesia, Jakarta, Selasa.

Hal ini menurut dia, karena dewasa ini konsumen sudah semakin cerdas sehingga lebih berhati-hati dalam membeli barang. Selain itu ditambah lagi dengan ‘membanjirnya’ merek-merek di pasaran dan kemudahan akses informasi membuat konsumen diberikan berbagai pilihan.

Membangun kepercayaan dalam dunia bisnis merupakan faktor kunci untuk menjaga kelanggengan bisnis. Dikatakannya, untuk mendapatkan reputasi yang baik sebagai seorang CEO perusahaan tidaklah mudah sehingga kepercayaan yang didapat dari berbagai relasi dan konsumen haruslah dijaga dengan baik.

“Seperti yang pernah dikatakan pengusaha AS, Warren Buffet, it takes 20 years to build a reputation and five minutes to ruin it,” katanya.

Buku berjudul Rahasia Reputasi Toyota Indonesia tersebut berkisah bagaimana mantan Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan membangun kepercayaan stakeholder terhadap Toyota. Selain itu juga memaparkan tantangan-tantangan yang dilakukan Johnny dalam membangun reputasi Toyota di Indonesia yang mencakup reputasi internal dan eksternal. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014