Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) Johnny Darmawan mengatakan bahwa industri otomotif tidak akan maju dan berjalan tanpa adanya pameran sebagai ajang promosi.

"Industri tanpa pameran atau industri tanpa promosi, tidak jalan. Jadi pameran ini merupakan suatu kelengkapan yang bagus dan harus dibina terus," katanya saat ditemui di arena pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di Jakarta, Kamis.

Mantan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor itu mengatakan, pameran otomotif dapat menjadi pemicu penjualan kendaraan karena konsumen dapat melihat berbagai macam mobil yang ditampilkan.

"Pameran ini juga sebagai lahan untuk jualan. Selain itu juga menjadi ajang adu model mobil, kata Johhny.

Selain itu, menurut dia, pameran juga dapat menjadi ajang untuk menunjukkan bahwa industri otomotif Tanah Air sudah berada di jalur yang benar.

"Buat image ke dunia bahwa Indonesia otomotifnya sudah benar. Sekarang dunia sudah memandang Indonesia," kata dia.

Berbeda dari pameran otomotif tahun-tahun sebelumnya, IIMS 2016 digelar pada semester satu. Menurut Johnny, hal ini juga membawa dampak positif tersendiri bagi semua pihak.

"Ini merupakan suatu hal yang baik. Kan ada dua pameran. Konsumen dan produsen diuntungkan. Jadi mobil tidak menumpuk di satu eksibisi saja," kata dia.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016