Jakarta (ANTARA News) – Pengunjung Pameran Otomotif Medan (POM) tidak hanya menyaksikan mobil-mobil terbaru keluaran agen pemegang merek (APM) sebagai program hiburan karena beragam giat edukasi dan sosial juga disertakan guna menambah wawasan pengunjung pameran.

Pengunjung bisa menyaksikan mobil andalan Honda, Toyota, dan Mitsubishi. Di ruang pamer (booth) Honda, pihak APM memperkenalkan All New Honda Civic yang menjadi andalan mereka pada gelaran POM.  Honda juga menghadirkan berbagai merek lain seperti New Honda Accord, New Brio Satya, New Mobilio, New CR-Z, dan lain-lain. Secara total, booth Honda menampilkan 10 kendaraan pada POM 2016.

Toyota memboyong mobil terbaru yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia International Motor Show 2016 pada April lalu, Toyota Sienta.

Untuk pertama kalinya pula masyarakat Medan dan sekitarnya bisa menikmati mobil teranyar Toyota tersebut di ajang POM 2016. Selain Sienta, booth Toyota juga menghadirkan All New Fortuner, All New Kijang Innova, Grand New Veloz, dan All New Yaris.   

Mitsubishi kembali mengandalkan All New Pajero Sport Dakar 4 x 4 sebagai ikon utama di booth mereka. Selain New Pajero, booth Mitsubishi juga menghadirkan Delica, Outlander Sport dan All New Triton. Mitsubishi juga menyediakan Mirage dan All New Pajero Sport Dakar 4 x 2 di area Test Drive.

Karya anak bangsa   

Salah satu program baru yang dihadirkan pada Pameran Otomotif Medan tahun ini adalah program POM Electric Car yang menghadirkan mobil listrik karya mahasiswa.

Beberapa universitas yang menampilkan karya mereka para program ini antara lain Universitas Sumatera Utara, Sekolah Tinggi Teknik (STT) Harapan Medan, Institut Teknologi Medan, dan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Mereka hadir untuk menunjukkan karya mereka kepada masyarakat Medan dan mengajak anak muda Indonesia lainnya untuk berani menunjukkan karya mereka di bidang otomotif melalui acara seperti Pameran Otomotif Medan.

“Kami juga ingin memberikan edukasi baik kepada masyarakat maupun para pelajar yang datang ke acara semacam ini dan ingin mengetahui lebih jauh mengenai mobil listrik kami, baik dari sisi teknologi, kemampuan, desain, dan lain-lain,” ujar Nazri Afandi Pasaribu, salah satu mahasiswa yang karyanya ditampilkan pada program POM Electric Car Show tahun ini.

Hiburan dan CSR


Pada hari Kamis (26/5) ini salah satu program yang cukup dinantikan oleh pengunjung POM, Miss Motor Show Medan 2016, mulai memasuki tahap seleksi.

Para peserta Miss Motor Show Medan, yang merupakan sales promotion girls dari para peserta POM 2016, menjalani proses seleksi yang meliputi brain, beauty, and behavior.

Selain menilai penampilan para peserta, tim juri juga menilai pengetahuan produk yang mereka wakili. Pengumuman pemenang Miss Motor Show Medan akan dilakukan pada akhir POM 2016.

Adapun program sosial POM 2016, panitia menggelar program donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Medan. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari mulai Rabu hingga Jumat mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

“Program Donor Darah digelar untuk menunjukkan bahwa POM tidak hanya fokus pada sisi komersial tetapi juga aspek sosial dari pameran. Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan nilai positif bagi pengunjung dan bermanfaat bagi para penerima donor darah di daerah Medan dan sekitarnya,” ujar Gama Otto, Project Manager Pameran Otomotif Medan, Dyandra Promosindo.   

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016