Jakarta  (ANTARA News) - Tahun lalu Honda Motor Co berhasil mengekspor lebih banyak mobil dari Amerika Serikat ketimbang mengimpornya. Ini adalah pertama kalinya sebuah perusahaan otomotif Jepang menjadi eksportir netto dari AS.

Lebih dari 30 tahun sejak mulai memproduksi mobilnya di AS, unit Honda Amerika Utara telah mengapalkan 108.705 Honda dan Acura keluar AS pada 2013. Sebaliknya tahun itu perusahaan ini mengimpor 88.537 unit kendaraan masuk ke AS dari Jepang.

Rick Schostek, Wakil Presiden Eksekutif Honda Amerika Utara, menyebutnya sebagai sukses yang dibangun selama 30 tahun.  Nilai ekspor kendaraan-kendaraan ini mencapai 2,658 miliar dolar AS.

Prestasi ini diantaranya dicapai berkat investasi lebih dari 2,7 miliar dolar AS di pabrik-pabrik mobil Amerika Utara dalam tiga tahun terakhir. 

Investasi itu adalah bagian dari strategi yang dirancang untuk menaikkan volume produksi di AS dan mendekatkan mobil ke pasar, kata Schostek.

Tahun lalu pabrik-pabrik Honda AS telah mengapalkan produknya ke 50 negara, kebanyakan ke Meksiko. Honda tak memasukkan Kanada dalam daftar pengapalannya.

Honda mulai memproduksi mobilnya di AS pada 1982. Pabriknya di Marysville, Ohio, adalah yang pertama dimiliki perusahaan Jepang di AS, dan sedan Accord adalah model pertama yang dibuat.

Honda kini memiliki tujuh pabrik di Amerika Utara, termasuk empat di Amerika Serikat. Pabrik kedelapan di Celaya, Meksio, dibuka bulan depan, dengan memproduksi Honda Fit.

Dari 1987 sampai 2012, satu juta mobil Honda telah diekspor setelah diproduksi di pabrik-pabrik di AS.

Pada1988, Honda mengekspor Accord Coupe ke Jepang untuk pertama kalinya, tapi kini tak lagi mengekspor produk-produknya yang dibuat di AS ke Jepang, demikian Reuters.
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014