Jakarta (ANTARA) - Produsen kendaraan listrik asal Amerika Serika (AS), Rivian resmi memberikan penyegaran kepada dua model mereka yakni R1S dan R1T yang kini telah dibenamkan berbagai perangkat yang sangat modern.

Pabrikan tersebut menyegarkan generasi kedua itu dengan berbagai peningkatan dari mulai perangkat keras, peningkatan kinerja, pengalaman perangkat lunak yang didesain ulang sepenuhnya, hingga pengembangan sistem penggerak.

“Kami terus mengembangkan kendaraan R1 andalan kami, menawarkan kualitas dan performa tanpa kompromi. R1S dan R1T kami yang diperbarui mendorong batasan teknis lebih jauh, menciptakan produk kami yang paling mumpuni hingga saat ini,” kata CEO dan pendiri Rivian, RJ Scaringe dalam laman resminya, Sabtu.

Baca juga: Rivian tampilkan interior R2 sebelum diluncurkan

Desain yang dimiliki oleh keduanya pada sisi luar, tidak memiliki perbedaan yang dominan. Hanya saja, quad-motor R1T kini dapat menyemburkan tenaga hingga 1.025 hp dengan torsi 1.624 Nm. Rivian menyatakan bahwa untuk mencapai 0 hingga 97 km/jam hanya butuh waktu 2,5 detik.

Pabrikan tersebut juga mengklaim bahwa kendaraan tersebut telah diasupi dengan paket baterai yang sudah didesain ulang melalui kemasan yang efisien, dengan jangkauan yang dapat ditempuh sejauh 676 km. Sedangkan untuk paket standar, hanya memiliki jarak tempuh sejauh 435 km.

Untuk mengatasi berbagai hambatan, Rivian menjejali kendaraan ini dengan ban berukuran 22 inci, yang diklaim dapat membantu untuk mengurangi hambatan tersebut. Tidak hanya itu, kedua kendaraan ini juga memiliki sistem termal berbasis yang meningkatkan kenyamanan suhu pengendara dan menghemat energi.

Baca juga: Survei: Rivian jadi merek mobil paling dicintai di Amerika Serikat

Pabrikan itu meyakini bahwa kendaraan ini hadir dengan arsitektur kelistrikan dan platform komputasi yang benar-benar baru. Platform Otonomi Rivian baru yang dikembangkan sendiri memulai debutnya dengan 11 kamera, 5 radar, dan "teknologi prediksi AI".

Dua kendaraan ini benar-benar menerima banyak manfaat canggih dari teknologi yang dikembangkan oleh pabrikan tersebut, seperti visibilitas 360 derajat yang menghadirkan lebih banyak kamera dari kendaraan sebelumnya serta sensor redundan yang memungkinkannya melihat "jarak jauh bahkan dalam cuaca dan kondisi cahaya buruk".

Untuk paket premium, kendaraan ini telah mengadopsi Rivian Autonomy Platform+ dan hadir dengan serangkaian fitur yang diperluas termasuk perubahan jalur sesuai perintah dan Enhanced Highway Assist.

Baca juga: Rivian sulap bioskop tua tahun '30an jadi "showroom flagship"

Kendaraan ini telah memiliki pencahayaan yang juga canggih, pasalnya sudah dibekali dengan sinar adaptif pada lampu yang akan mulai diaktifkan pada akhir tahun ini.

Untuk menambah kenyamanan pada pemiliknya, Rivian telah menghadirkan Rivian Connect+ yang dapat melakukan streaming video melalui Google Cast yang dapat mengakses lebih dari 3.000 aplikasi serta telah mendukung Apple Music (termasuk Spatial Audio).

Kecanggihan lainnya juga hadir pada atap kaca yang dapat diubah secara digital melalui satu sentuhan tombol saja, dan pencahayaan interior dapat disesuaikan. Pengalaman perangkat lunak yang didesain ulang didukung oleh Unreal Engine.

Baca juga: Rivian kirim lebih 15 ribu mobil pada kuartal ketiga tahun ini

Baca juga: Rivian R1T Electric jadi kendaraan operasional safari di Afrika

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024