Jakarta (ANTARA) - Hasil survei yang dilakukan oleh Consumers Reports menunjukkan Rivian sebagai merek mobil paling dicintai oleh masyarakat Amerika Serikat.

Survei yang bertajuk "2023 Annual Auto Survey" menunjukkan 86 persen partisipan survei yang merupakan pemilik mobil merasa tidak keberatan untuk membeli mobil listrik lain yang diproduksi Rivian.

Carbuzz pada Senin waktu setempat melaporkan, survei itu melibatkan 330 ribu mobil yang diproduksi pada 2021 hingga 2023 serta beberapa model baru yang diluncurkan pada 2024.

Baca juga: Rivian sulap bioskop tua tahun '30an jadi "showroom flagship"

Consumer Reports menggunakan lima kategori spesifik dalam surveinya, yakni kenyamanan, pengendaraan, penyimpanan kabin, tingkat pengalaman pengguna, dan biaya perawatan.

Survei itu menilai, Rivian adalah salah satu merek yang paling memuaskan dalam kategori kenyamanan, pengendaraan, penyimpanan kabin, dan biaya perawatan. Sementara dari aspek pengalaman pengguna, merek mobil listrik yang berbasis di California, Amerika Serikat itu kurang menonjol.

Posisi Rivian diikuti oleh Mini, yang naik 11 peringkat ke nomor 2 dalam daftar peringkat. Sementara perusahaan induknya, BMW berada di urutan 3. Produsen mobil asal Jerman ini diikuti oleh Porsche, Tesla, Genesis, Lexus, Subaru, Ram, dan Honda.

Secara mengejutkan, Toyota, yang merupakan merek dengan angka penjualan salah satu terbaik di Amerika Serikat serta dikenal karena keandalannya, harus puas menempati peringkat ke-12 dengan 69 persen pemilik mobil merasa ingin membeli mobil Toyota yang lain.

Baca juga: Rivian kirim lebih 15 ribu mobil pada kuartal ketiga tahun ini

Sebaliknya, daftar lima merek mobil yang paling tidak dicintai menurut survei Consumer Reports adalah Infiniti, Volkswagen (VW), Nissan, Jeep, dan Audi. Merek VW juga dinilai paling tidak memuaskan dalam kategori pengendaraan dan tingkat pengalaman pengguna.

Diketahui, saat ini, Rivian menjual dua model mobil listrik yakni R1T dan R1S. Rivian R1T adalah truk pikap listrik yang bersaing dengan Ford F-150 Lightning.

Sementara itu, R1S adalah mobil SUV listrik. Dikabarkan, Rivian akan merilis SUV listrik baru dengan ukuran lebih kecil yang disebut R2. Mobil itu nantinya akan berhadap-hadapan dengan Tesla Model Y.

Baca juga: Rivian R1T Electric jadi kendaraan operasional safari di Afrika
 
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024