Jakarta (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) berharap pasar kendaraan beroda dua pada 2024 meningkat walaupun masih ada tantangan di dalam negeri.

"Tahun lalu total pasar kira-kira 6,24 juta, tahun ini kami harapkan bisa sampai 6,5 juta unit. Walaupun ada tantangan, baik geopolitik, geo-ekonomi, tekanan dari ekonomi global. Itu menjadi tantangan buat domestik atau daya beli market di Indonesia," kata Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor​​​​​​​ Thomas Wijaya.

"Kalau melihat 2023, total pasar tercatat sebanyak 6,24 juta, dan Honda memiliki pangsa pasar di atas 78 persen. Tahun ini, kondisi dua bulan awal ini masih sedikit terkoreksi sekitar 3 persen dibanding dengan awal 2023 lalu," katanya kepada awak media di Jakarta, Selasa (26/3).

Baca juga: Menperin catat kapasitas produksi motor listrik RI capai 1,4 juta unit
Baca juga: Populasi kendaraan listrik roda dua naik 262 persen


Thomas mengemukakan bahwa tekanan ekonomi akibat kenaikan harga bahan pokok dan kondisi cuaca cukup berpengaruh pada pasar kendaraan beroda dua di dalam negeri.

"Memang harapan kami market bisa tumbuh, tapi memang dua bulan awal ini dengan kondisi kenaikan bahan pokok, kondisi cuaca, dan sebagainya memang cukup berpengaruh. Pangsa pasar kami di awal tahun ini kisaran hampir 76 persen," katanya.

Baca juga: Produsen sepeda listrik bidik Bali pangsa pasar kendaraan hijau
Baca juga: Menperin menilai ekspor kendaraan roda dua dapat ditingkatkan

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024