Jakarta (ANTARA) - Honda memperkenalkan seri mobil listrik terbarunya yang dinamai Honda 0 Series, pada pameran Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Rabu (10/1).

Dalam acara ini, Honda memperkenalkan dua model konsep mobil listrik, Saloon dan Space-Hub, dimana kedua model ini akan diluncurkan pada tahun 2026 serta akan diperkenalkan secara global mulai dari di Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, Eropa, Afrika dan Timur Tengah.

“Kendaraan listrik masa depan yang akan diciptakan Honda mengusung konsep “Ringkas, Ringan, dan Bijak” yang akan memungkinkan kita untuk mengatasi kendala yang dihadapi kendaraan listrik saat ini sebagai kendaraan tebal dan berat, dan meningkatkan peluang kendaraan listrik," kata President and Representative Executive Officer Honda Motor Co., Ltd Toshihiro Mibe dalam rilis pers, dikutip Rabu (10/1).

Mobil konsep pertama yaitu Saloon, yang merupakan model flagship dari Honda 0 Series. Model konsep ini dibuat menggunakan pendekatan Ringkas, Ringan, dan Bijak (Thin, Light, and Wise).

Baca juga: Mengintip kecanggihan motor listrik baru Honda karya anak bangsa

Pada model ini, Honda mendesain kendaraan yang memperluas tingkat kebebasan dalam suatu desain serta meningkatkan konsep man maximum, machine minimum pada kendaraan listrik.

Tampilannya yang rendah dan sporty sehingga membedakannya dengan model kendaraan listrik pada umumnya. Pada desain interior, mobil ini menawarkan ruang kabin yang luas dan futuristik sehingga memberi kenyamanan bagi penggunanya.
Honda 0 Series Saloon (ANTARA/Honda)
Honda 0 Series Saloon (ANTARA/Honda)


Sementara itu, pada panel instrumen Saloon dilengkapi dengan Human-Machine Interface (HMI) yang memungkinkan pengoperasian mudah untuk digunakan serta intuitif sehingga mewujudkan penggunaan interface yang lebih canggih dan sesuai.

Dengan menerapkan sistem steer-by-wire serta teknologi canggih dari sistem manajemen gerakan, termasuk kontrol postur, yang telah dikembangkan oleh Honda melalui pengembangan teknologi robotik, Saloon berkomitmen untuk memberikan kendali yang responsif sesuai dengan keinginan pengemudi dalam berbagai situasi berkendara.

Saloon mengejar pencapaian "kesenangan berkendara" tertinggi di era kendaraan listrik. Selain itu, dengan menggunakan material ramah lingkungan pada interior dan eksterior, Saloon dikembangkan sebagai model yang unik, sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan sejalan dengan prinsip keberlanjutan lingkungan.

Selain Saloon, mobil konsep lainnya dalam Honda 0 Series, yaitu Space-Hub yang dikembangkan dengan tema "meningkatkan kehidupan sehari-hari masyarakat".

Dengan kabin yang luas dan visibilitas yang baik berdasarkan pendekatan pengembangan "Ringkas, Ringan, dan Bijak", Space-Hub menawarkan ruang kabin fleksibel yang dapat dengan cepat disesuaikan dengan keinginan penggunanya.

Dalam mengembangkan Honda 0 Series, tim pengembangan kembali ke titik awal Honda dan merancang kendaraan listrik yang memiliki ukuran baterai yang lebih efisien serta memiliki kapasitas jangkauan yang lebih jauh.

Maka dari itu, Honda kemudian memiliki pendekatan baru untuk pengembangan kendaraan listrik dengan tiga konsep yaitu Ringkas, Ringan, dan Bijak.

Ringkas memiliki desain yang ramping, termasuk ketinggian kendaraan yang rendah sehingga mewujudkan kinerja aerodinamis yang sangat baik.

Ringan yaitu mewujudkan ciri khas Honda yang sporty dan efisiensi listrik melalui teknologi Honda.

Sedangkan Bijak yaitu mewujudkan produk mobilitas berbasis perangkat lunak Honda dengan memanfaatkan pengetahuan yang telah dikumpulkan Honda.

Baca juga: Deretan mobil non listrik baru yang meluncur di 2023

Baca juga: Alasan beli mobil lebih baik di akhir tahun hingga besaran diskonnya

Baca juga: Honda tarik 2,6 juta mobil di AS karena masalah pompa bahan bakar
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024