Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda dikabarkan telah menghadirkan sel bahan bakar hidrogen generasi berikutnya dalam sebuah pameran dagang yang berlangsung di Brussel, Belgia.

Arena Ev pada Rabu mengabarkan bahwa hal itu sebagai jawaban atau langkah perusahaan dalam menyambut kemajuan teknologi hidrogen yang digadang menjadi platform pilihan dalam menghasilkan kendaraan bersih di masa mendatang.

Pada ajang ini, Honda memang memamerkan teknologi tersebut masih dalam bentuk prototipe. Pabrikan itu meyakini bahwa teknologi baru ini dapat mendukung penerapan pada berbagai kendaraan, termasuk mobil hidrogen-listrik, kendaraan komersial, dan mesin konstruksi.

Baca juga: Yamaha dan Toyota jalin kerjasama kembangkan teknologi mesin hidrogen

Pada segmen ini, memang baru hanya segelintir produsen mobil yang berinvestasi dalam pengembangannya. Yang menonjol di antaranya adalah BMW, yang berkolaborasi dengan Toyota dan sudah memamerkan iX5 bertenaga hidrogen tahun ini.

General Motors juga secara aktif terlibat dalam pengembangan teknologi hidrogen melalui kemitraan dengan Honda, sementara Hyundai terus memperjuangkan kendaraan bertenaga hidrogen untuk kendaraan masa depan sebagai alternatif dari kendaraan elektrik.

Meskipun terdapat banyak tantangan yang dihadapi dalam adopsi hidrogen, termasuk kurangnya infrastruktur pengisian bahan bakar, Honda tetap optimistis terhadap masa depan teknologi ini.

Baca juga: Ilmuwan kembangkan teknologi memproduksi hidrogen langsung dari udara

"Kami yakin permintaan akan teknologi tersebut akan segera mencapai jumlah kritis yang diperlukan untuk penerapan komersial penuh,” kata wakil manajer umum perencanaan bisnis dan pengembangan divisi Honda Eropa, Ingo Nyhues.

Pada ajang ini, Honda hanya fokus untuk memamerkan teknologi terbarunya. Pihaknya masih belum berbicara banyak mengenai detail dari teknologi ini yang akan diterapkan dalam kendaraan Honda nantinya.

Meski begitu, terdapat beberapa asumsi bahwa Honda akan menerapkan sistem ini pada CR-V bertenaga hidrogen, yang akan tersedia di Amerika Utara dan Jepang pada tahun 2024. Hal ini menandai langkah signifikan dalam memperkenalkan kendaraan penumpang hidrogen-listrik ke pasar.

Baca juga: Hyundai dan Audi berkolaborasi teknologi mobil hidrogen

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023