Jakarta (ANTARA) - Menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan tidaklah hanya terpusat pada kendaraan elektrik, banyak para produsen otomotif percaya bahwa hidrogen menjadi alternatif masa depan untuk kendaraan yang ramah lingkungan.

Saat ini, tidak disangka bahwa tenaga hidrogen semakin meningkat, memenangkan banyak penggemar di berbagai industri seperti motorsport, truk, dan permesinan pabrik.

CarsCoops pada Senin mengabarkan bahwa hadirnya kendaraan yang mengusung hidrogen sebagai pilihan alternatif menuju emisi yang ramah, juga dapat menyelamatkan mesin pembakaran dari kepunahan.

Baca juga: Toyota uji kendaraan bertenaga hidrogen di jalan umum Australia

Teknologi hidrogen itu adalah teknologi yang menawarkan dua solusi bagi perusahaan yang ingin membangun kendaraan dan mesin ramah lingkungan. Salah satu teknologi yang mungkin paling sering kita dengar selama 25 tahun terakhir adalah sel bahan bakar hidrogen, yang mana hidrogen diubah menjadi listrik yang menggerakkan kendaraan, dan satu-satunya emisi yang dihasilkan adalah air.

Ini adalah teknologi yang akan banyak ditemukan di mobil seperti Toyota Mirai, dan ini juga merupakan jawaban yang dianggap lebih baik oleh banyak orang di industri angkutan truk jarak jauh daripada tenaga baterai, meskipun Tesla berpendapat berbeda akan hal ini.

Baca juga: CEO Toyota prioritaskan hidrogen untuk kendaraan masa depan

Namun, hidrogen juga dapat digunakan dengan cara yang sangat berbeda dan familiar. Ini dapat digunakan sebagai pengganti bensin dan solar pada mesin pembakar dalam segala hal mulai dari mobil balap hingga mixer semen, seperti yang ditunjukkan oleh Automotive News dalam artikel terbarunya.

Konsumen mungkin ingat bahwa Toyota memamerkan versi GR Yaris berbahan bakar hidrogen, dan kemudian mengkampanyekan GR86 hidrogen di seri balap Jepang.

Le Mans akan mengizinkan mobil balap bermesin hidrogen mulai tahun 2025 dan meskipun peraturan F1 saat ini tidak mengizinkannya, tampaknya sangat mungkin bahwa mereka akan mengubah kebijakan tersebut karena tekanan terhadap motorsport papan atas untuk go green semakin meningkat.

Baca juga: BMW dan Toyota dilaporkan bergabung rilis mobil bahan bakar hidrogen

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023