Jakarta (ANTARA) - Toyota Motor Corp. sedang melakukan uji coba terhadap kendaraan bertenaga mesin hidrogen di Australia, yang menjadikannya uji coba mobil ramah lingkungan pertama yang dilakukan produsen mobil Jepang tersebut di jalan umum untuk penggunaan komersial.

Dalam uji coba yang berlangsung dari akhir Oktober hingga Januari, sebuah van yang dimodifikasi khusus dari seri HiAce Toyota digunakan oleh perusahaan konstruksi dan keamanan lokal untuk memastikan pengoperasian dan ketahanan kendaraan di jalan-jalan di pinggiran kota Melbourne.

Baca juga: CEO Toyota prioritaskan hidrogen untuk kendaraan masa depan

Langkah ini dilakukan ketika Toyota berupaya mempopulerkan hidrogen sebagai alternatif bahan bakar fosil yang lebih ramah lingkungan.

Pada bulan Mei, Toyota mengikutsertakan mobil dengan mesin hidrogen cair dalam balapan daya tahan 24 jam di Jepang tengah, menjadikannya mobil pertama di dunia yang ikut dalam balapan resmi.

Pengujian kendaraan HiAce yang akan menggunakan gas hidrogen di Australia dimaksudkan untuk mengasah teknologi mesin hidrogen yang disempurnakan melalui motorsport lebih jauh lagi menuju penerapan praktis," kata Toyota dalam siaran persnya.

Baca juga: Hyundai Motor tunda peluncuran mobil hidrogen Nexo yang ditingkatkan

Kendaraan bertenaga sel bahan bakar hidrogen yang sudah ada dalam penggunaan komersial ditenagai oleh motor listrik, sementara mobil dengan mesin hidrogen dilihat memiliki keunggulan karena memiliki banyak bagian yang sama dengan mobil bensin.

Australia adalah negara yang kaya akan hidrogen dan juga aktif dalam menggunakan sumber energi ini. Demikian disiarkan Kyodo, Sabtu (11/11).

Baca juga: Honda rilis mobil hidrogen hasil kolaborasi dengan GM 2024
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023