Jakarta (ANTARA) - Toyota secara resmi telah meluncurkan mobil Prototipe Hilux Sel Bahan Bakar Hidrogen Hilux, yang diproduksi di pabrik Burnaston di Derby, Inggris, seperti yang disampaikan dalam laman resmi Toyota Inggris, Jumat.

Produk prototipe ini hasil kolaborasi antara berbagai mitra konsorsium dan didukung oleh dana pemerintah Inggris. Toyota memiliki rencana yang kuat untuk meluncurkan 10 prototipe tersebut sebelum ditutup pada tahun ini.

Baca juga: Toyota hentikan produksi di Inggris dan Prancis

Mobil prototipe yang digadang dapat mereduksi emisi lebih baik ini, meminjam powertrain yang dimiliki oleh Toyota Mirai. Prototipe ini di klaim dapat menempuh jarak hingga 587 km dalam sekali pengisian.

Toyota Hilux hidrogen yang dipamerkan di Inggris. (ANTARA/Toyota.eu)


Tangki hidrogen dari kendaraan ini elah terpasang dengan pas di antara rel rangka, tepatnya di dalam kabin. Komponen sel bahan bakar terjepit rapi di bawah kap, dan baterai ditempatkan di bagian belakang.

Toyota tidak hanya membuat prototipe ini untuk dipamerkan dan diceritakan. Raksasa otomotif ini ingin memastikan bahwa model ini benar-benar menganut garis keturunan Hilux yang tangguh.

Mulai dari keamanan, fungsionalitas hingga ketahanan terhadap berbagai kondisi dan juga jalan yang akan dilalui. Dalam setiap perjalanan masa uji, kendaraan ini akan dicatat untuk nantinya dilakukan penyempurnaan.

Baca juga: Iklan kendaraan listrik Hyundai dan Toyota dilarang di Inggris Raya

Baca juga: Penjualan mobil baru di Inggris sentuh rekor terendah sejak 1998

Baca juga: Toyota pasang alat rahasia, hentikan pencurian "catalytic converter"

 

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023