Mataram (ANTARA News) - Sebanyak 96 peserta mengikuti kompetisi instrukstur "Safety Riding" (keselamatan bermotor) ke-7 tahun 2013 yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) di area eks Bandara Selaparang, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), 17--18 Juni 2012.

Kompetisi itu dibuka GM Marketing Planning and Analysis AHM A Indraputra, Selasa, dan dihadiri wakil dari Ditlantas Polda NTB AKBP Lalu Adnan. Tampak hadir Marketing Div Head Astra Motor Rikiyanto Gunawan dan Head of Corporate Cummunication Kristanto.

Para peserta itu terdiri atas 46 orang instruktur safety riding (SR) Honda, 44 advisor SR Komunitas Honda dan enama instruktur perempuan dari berbagai wilayah di Indonesia.

GM Marketing Planning and Analysis AHM Agustinus Indraputra mengatakan kompetisi instruktur safety riding ini merupakan salah satu bukti bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masalah keselamatan berkendara di Tanah Air.

"Sebagai pelopor aktivitas safety riding, AHM secara rutin mengadakan kegiatan ini setiap tahun dengan melibatkan para instruktur di jaringan main dealer dan utusan berbagai klub dan komunitas motor Honda," katanya.

Indrasaputra mengharapkan melalui kegiatan itu akan terjadi peningkatan kompetensi para instruktur SR Honda dan advisor SR Honda. Mereka diharapkan akan menjadi ujung tombak Honda dalam mengampanyekan keselamatan berkendara di masyarakat.

Selain itu, peserta kegiatan itu juga diharapkan akan menjadi agen-agen perubahan yang memiliki spirit dan kecakapan tinggi dalam memberikan edukasi keselamatan berkendara di wilayah jaringan Honda.

Sementara itu, AKPB Lalu Adnan mengharapkan agar kompetisi keselamatan berkendaraan motor itu mampu menurunkan angka korban kecelakaan lalu lintas yang masih tinggi di Indonesia, khususnya di NTB yang selama 2013 mencapai 500 orang.

Kepada peserta dan pemenang kompetisi tersebut juga diharapkan mampu memasyarakatkan cara berkendara motor dengan selamat, baik, beretika dan mentaati peraturan lalu lintas.

Manajer Safety Ridding dan Motor Sports AHM Anggono Iriawan mengatakan, selain kemampuan menyampaikan materi safety riding, peserta juga diuji kemampuannya dalam menghentikan kendaraan secara stabil dalam jarak pendek melalui tes Braking Skill.

Peserta juga diuji dalam uji Narrow Plank (kecepatan yang ekstra pelan dengan tetap menjaga postur berkendara), Slalom Pylon (keterampilan berkendara dan pengendalian setang kemudi dengan akselerasi yang benar), dan Slalom Course (keterampilan pengendaraan dan pengendalian setang kemudi dengan posisi berkendara yang benar).

"Dari event kami akan memilih peserta terbaik yang akan dikirimkan sebagai duta AHM untuk mengikuti  Kompetisi Instruktur Safety Riding International di Jepang. Kami berharap prestasi tingkat international tahun lalu akan kembali diraih tahun ini," katanya.(*)
Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013