Jakarta (ANTARA) - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku agen pemegang merek dan distributor resmi kendaraan Isuzu di Indonesia menjalankan Program Isuzu Driver School untuk membantu penyediaan pengemudi andal.

"Melalui Program Isuzu Driver School, IAMI membantu customer (pelanggan) dalam penyediaan driver (pengemudi) atas kendaraan Isuzu yang kami jual," kata Kepala Learning Center & Transformation Dept. PT IAMI Fuad Hasyim di Jakarta Convention Center, Jumat.

"Kami menyadari bahwa driver merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis," katanya di ajang GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024.

Program Isuzu Driver School mencakup pelatihan dua pekan dengan komposisi pembelajaran 40 persen teori dan 60 persen praktik. Selain mempelajari teknik dan aturan berkendara, peserta program juga menerima penjelasan tentang kendaraan-kendaraan Isuzu.

"Program ini diharapkan dapat membangun mentalitas dasar sopir atas pemahaman dasar-dasar berkendara yang aman, ekonomis, serta memahami rambu-rambu lalu lintas yang sesuai dengan regulasi yang berlaku," kata Fuad.

IAMI selanjutnya mengupayakan pelaksanaan program peningkatan kompetensi dan pengurusan izin untuk penggunaan forklift, sehingga program dapat mencakup pengemudi dengan SIM B1, B1 Umum, B2, dan B2 Umum.

"Saat ini output (keluaran) kami sudah diterima di beberapa customer dan jika nanti dari customer ada kebutuhan terkait driver atau program untuk men-develop driver baru, silakan menghubungi kami," kata Fuad.

IAMI menghadirkan lulusan Program Isuzu Driver School di ajang GIICOMVE 2024. ​​​​​​Mumu selaku lulusan program berharap kuota peserta Isuzu Driver School dapat ditambah.

"Banyak yang ingin masuk di Isuzu Driver School, tapi kuotanya terbatas. Harapannya kuotanya bisa diperbanyak dan frekuensinya diperbanyak juga sehingga semakin banyak driver yang memahami tentang aman berlalu lintas," kata Mumu.

Mumu mengatakan bahwa peserta program harus siap mental dan punya semangat belajar tinggi.

"Yang paling berat dalam program ini memang adalah ketika mengikuti kegiatan teori," katanya.

Perusahaan yang sudah merasakan manfaat program pendidikan pengemudi Isuzu antara lain PT Mobilitas Digital Indonesia (MODA), yang punya 500 kendaraan dengan sejumlah merek termasuk Isuzu.

Perusahaan menilai program itu membekali pengemudi dengan pemahaman mengenai keselamatan berkendara, teknik mengemudi secara ekonomis, pengetahuan produk, hingga etika dan etos kerja.

Baca juga: Isuzu hadirkan bus sekolah ramah difabel di GIICOMVEC 2024
Baca juga: Isuzu kampanyekan keselamatan berlalu lintas jelang masa mudik

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024