Jakarta (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2023 dengan memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada sekitar 1.100 perempuan dari Sabang sampai Merauke.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu, mengatakan selain mengemban misi untuk terus konsisten berkampanye safety riding (keselamatan berkendara), melalui kegiatan itu perusahaan juga ingin memberikan apresiasi terhadap perempuan di Indonesia yang merupakan sosok berharga.

”Perempuan terutama sosok ibu memiliki peran strategis dalam mendukung upaya membentuk kesadaran keselamatan berkendara dan perubahan positif sejak dari lingkungan keluarganya, yaitu sebagai pendidik, pelindung dan pengayom,” kata Andy.

Baca juga: Motor listrik Honda resmi dijual, mulai Rp33 juta

AHM berharap kegiatan itu dapat menjadi sebuah teladan bagi masyarakat dengan turut serta menciptakan lalu lintas yang tertib dan aman sekaligus dapat menjadi bagian dari penyelamat kehidupan generasi muda.

Para ibu atau perempuan diberikan materi pelatihan safety riding dengan kemasan yang interaktif, menyenangkan, dengan materi kekinian. Peserta kegiatan itu juga datang dari berbagai kalangan baik profesional atau karyawan, akademisi, hingga ibu-ibu PKK.

Tidak hanya penggunaan riding gear (perlengkapan berkendara) yang sesuai dan cara berkendara aman, peserta juga diberikan pemahaman terkait berbagai pola kecelakaan. Lalu, mereka juga diberikan pengetahuan tentang perilaku berkendara tidak aman yang berpotensi dilakukan pengendara.

”Untuk saya yang setiap hari mengantar anak ke sekolah dan bekerja menggunakan motor, kegiatan ini semakin menyadarkan saya akan pentingnya memperhatikan penggunaan alat-alat safety dalam berkendara,” ucap Riana Fitriani, salah satu peserta dari PKK Kemiling, Bandar Lampung.

AHM menghadirkan fasilitas Safety Riding Center guna mendukung berbagai pelatihan keselamatan berkendara di sembilan lokasi yaitu Banten, Jambi, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Riau, Medan, Bandung, serta AHM Safety Riding Park yang merupakan pusat pelatihan safety riding sepeda motor Honda terbesar di Kawasan Asia Tenggara.

Selain itu AHM juga memiliki enam sekolah binaan yang terletak di Cikarang-Jawa Barat, Menes-Banten, Binjai-Sumatera Utara, Malang-Jawa Timur, Buleleng-Bali, dan satu lagi di Brebes-Jawa Tengah yang telah memiliki fasilitas Safety Riding Lab sebagai fasilitas penunjang dalam melakukan edukasi keselamatan berkendara di sekolah.

Baca juga: YPA-MDR gelar "safety riding" untuk pelajar

Baca juga: Erick Thohir tekankan pentingnya "Safety Riding" bagi generasi muda

Baca juga: Cegah kecelakaan lalu lintas, Jasa Raharja gelar talkshow Safety Riding

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023