Mataram (ANTARA News) - Sebanyak 12 peserta peserta kompetisi "Safety Riding" (keselamatan bermotor) 2013 dinyatakan berhasil menjuarai 1-3 untuk kategori dalam ajang yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) di area eks Bandara Selaparang, Mataram, NTB, Selasa.

Pemberian hadiah kepada para juara juara Safety Ridding (SR) disampikan oleh Manajer SR dan Motor Sports PT AHM Anggono Iriawan dan Manajer SR Community PT AHM I Gusti Nyoman Kesawa.

Pemenang 1-3 untuk kategori SR instruktur beregu Honda, yaitu Tim Bengkulu, Tim Yogyakarta dan Juara III Tim Bali. Pemenang 1-3 untuk kategori SR instruktur perorangan Honda, yaitu Aldea Henry (Bandung), Juwito (Mataram) dan Ibnu Fachrizal (Balikpapan).

Pemenang 1-3 untuk kategori SR dari komunitas Honda, masing-masing Alan Darmasaputra (Surabaya), H Ansory (Bengkulu) dan Surya Putranto (Semarang).

Sementara pemenang 1-3 SR instruktur SR perempuan, masing-masing Novara Dita (Aceh), Mariani Oley (Manado) dan Febri Supriatny (Bandung).

Manajer SR dan Motor Sports96 peserta ikuti Kompetisi Instruktur "Safety Riding" 2013 PT AHM Anggono Iriawan mengatakan, selain kemampuan menyampaikan materi safety riding, peserta juga diuji kemampuannya dalam menghentikan kendaraan secara stabil dalam jarak pendek melalui tes Braking Skill.

Peserta juga diuji dalam uji Narrow Plank (kecepatan yang ekstra pelan dengan tetap menjaga postur berkendara), Slalom Pylon (keterampilan berkendara dan pengendalian setang kemudi dengan akselerasi yang benar), dan Slalom Course (keterampilan pengendaraan dan pengendalian setang kemudi dengan posisi berkendara yang benar).

"Dari event kami akan memilih peserta terbaik yang akan dikirimkan sebagai duta AHM untuk mengikuti  Kompetisi Instruktur Safety Riding International di Jepang. Kami berharap prestasi tingkat international tahun lalu akan kembali diraih tahun ini," katanya.

Anggono menambahkan, untuk menfasilitasi kebutuhan para pengguna motor perempuan, AHM pada kompetisi SR 2013 juga membuka kelas ekkshibisi khusus instruktur perempuan yang diharapkan dapat memberikan pendekatan berbeda dan lebih efektif dalam memberikan edukasi keselamatan berkendara bagi masyarakat dari kalangan kaum hawa.

"Jumlah biker perempuan sekarang ini mengalami peningkatan. Kami berharap dapat mencetak para instruktur safety riding yang memiliki keterampilan mumpuni sehingga dapat menjadi duta Astra Honda dalam mengampanyekan keselamatan berkendara di masyarakat," ujarnya.(*)
Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013