Jakarta (ANTARA) - Ducati menghadirkan generasi terbaru dari sepeda motor ikonik dan legendaris mereka yaitu Ducati Scrambler untuk pasar Indonesia, dengan tiga model yaitu Icon, Full Throttle, dan Nightshift.

Tiga sepeda motor dengan gaya berbeda tersebut disatukan oleh posisi berkendara yang santai dan bobot yang ringan, menawarkan kenikmatan berkendara untuk perjalanan perkotaan maupun perjalanan luar kota.

Dikutip dari rilis pers, Kamis, versi Icon hadir mewakili keunggulan Ducati Scrambler. Ducati Scrambler Icon memiliki fitur stang yang direvisi menjadi lebih rendah dan dekat dengan pengendara, sehingga memungkinkan kontrol lebih besar terhadap sepeda motor.

Joknya didesain ulang, dengan bentuk yang lebih meruncing dan ramping. Untuk melengkapi desain Icon generasi baru ini adalah panel samping bawah jok berwarna hitam dengan grafis Ducati Scrambler.

Baca juga: Model baru 2019 dari Ducati

Sedangkan Ducati Scrambler Full Throttle adalah model paling sporty yang terinspirasi dari US flat track competitions di lintasan tanah oval.
Ducati Scrambler 2023 varian model Full Throttle (ANTARA/HO)


Pelat nomor samping memuat nomor 62, bermakna 1962 yang merupakan tahun debut Scrambler Ducati pertama dengan gaya Tracker, bersamaan dengan penggunaan pelindung bagian bawah mesin.

Karakter sporty Full Throttle ditonjolkan oleh sarung jok berpenampilan sporty, livery khusus dalam GP19 Red atau Dark Stealth, dan lapisan hitam pada pelindung knalpot dan penutup samping depan.

Sepatbor depan yang lebih pendek, ekor tanpa sepatbor belakang, warna merah pada velg, knalpot Termignoni yang legal di jalanan, lampu sein LED Ducati Performance, dan Quick Shift atas atau bawah standar melengkapi paket ini.

Tersedia pula sebagai aksesori adalah sarung jok Rosso GP19 yang memberikan tampilan jok tunggal yang sporty pada motor ini.

Adapun Ducati Scrambler Nightshift menjadi yang paling elegan di antara jajaran Ducati Scrambler 2023, dibedakan dengan detail yang lebih klasik dan halus, seperti sadel, bergaya Café Racer, dijahit dan dalam warna kulit gelap, atau pergantian permukaan glossy dan matte.

Ducati Scrambler Nightshift, seperti Full Throttle, dilengkapi aksen nomor di samping, sepatbor depan minimalis, tanpa sepatbor belakang, finishing hitam untuk detail estetika aluminium, serta lampu sein LED yang ringkas.

Baca juga: Ducati Indonesia ingin miliki 12 diler pada tahun 2019
Ducati Scrambler 2023 varian model Nightshift (ANTARA/HO)

Pewarnaan Nebula Blue dan velg berjari-jari, kini serba hitam, menjadikan Nightshift tampil sangat canggih, yang dilengkapi dengan setang datar dan kaca spion, juga dalam gaya café racer seperti pada model generasi sebelumnya.

Ducati Scrambler baru mempertahankan desain ikoniknya tetap utuh sambil mengembangkan elemen khasnya bergaya kontemporer. Lampu daytime running light (DRL) pada bagian depan sekilas dapat dikenali berkat empat sektor melingkar, mengecil dan menjadi lebih tajam dengan potongan yang modern.

Lampu depan, kini full LED, mempertahankan ikon "X", didesain ulang dan diterapkan pada eksterior untuk gaya yang lebih khas. Desain lampu belakang tetap full LED juga berevolusi dengan mempertahankan bentuk setengah lingkaran klasik. Lampu sen juga sudah memakai LED.

Tangki berbahan metal telah didesain ulang dan dilengkapi dengan penutup yang dapat diganti, bersama dengan sepatbor dan detail pada lampu depan, memberikan warna baru. Penutup aluminium anodized di bawah tangki melengkapi desain bagian depan sepeda motor yang diperbarui.

Adanya instrument baru dengan cluster TFT warna 4,3 inci dan HMI khusus menjadikan Ducati Scrambler baru semakin modern.

Elemen kunci dari kepribadian Ducati Scrambler, mesin Desmodue dua silinder memiliki penutup kopling dan alternator baru yang menampilkan logo “X”, sedangkan penutup timming belt kini memiliki bentuk yang lebih halus sesuai dengan gaya baru motor tersebut. Bentuk knalpot juga berevolusi, membuat mesin terlihat sepenuhnya.

Baca juga: Ducati jalin kerjasama dengan VW untuk pasar Argentina

Ducati Scrambler baru juga telah diperbarui dalam hal teknis dan bobotnya lebih ringan 4 kg, diklaim menghasilkan motor yang lebih mudah dikontrol dan dikendarai.

Sasis baru juga memberikan kontribusi penting terhadap pengurangan bobot sepeda motor secara keseluruhan. Rangka teralis juga telah diperbarui dan diringankan.

Swingarm terbaru kini dipadukan dengan peredam kejut yang diposisikan ulang ke arah bagian tengah motor. Mesinnya juga mengalami beberapa pembaruan yang mengurangi bobotnya. Untuk kesan lebih sporty, rangka belakang kini terpisah dari rangka utama.

Peningkatan berkendara juga datang dari sudut kemudi yang sedikit ditingkatkan sehingga berkontribusi pada kemudahan penggunaan, baik dalam bermanuver maupun di lalu lintas kota. Roda berdesain baru mengonfirmasi ukuran masing-masing 18 inci di depan dan 17 inci pada bagian belakang.

Mesin Desmodue yang selama ini menjadi ciri khas Ducati Scrambler telah dimodernisasi, sehingga bobot lebih ringan sekitar 2,5 kg dibandingkan generasi sebelumnya, dan kini dilengkapi kopling baru delapan cakram dengan tarikan diklaim lebih lembut.

Koplingnya juga memiliki bentuk yang kompak, hal ini membantu mengurangi ruang samping pada penutupnya, sehingga memberikan lebih banyak ruang bagi kaki pengendara.

Baca juga: Ducati dan MT Distribution hadirkan lini baru sepeda lipat elektrik

Ducati Scrambler baru juga dilengkapi dengan shift drum yang dipasang pada bantalan, yang memungkinkan perpindahan gigi lebih mulus dan presisi.

Ducati Scrambler menjadi lebih menyenangkan dan aman dengan diperkenalkannya manajemen throttle Ride by Wire. Solusi ini, membuat respons mesin siap di setiap sudut bukaan throttle, namun tetap progresif dan mudah diatur di semua rpm, di sisi lain memungkinkan penerapan Kontrol Traksi Ducati dengan pilihan tiga mode berkendara yaitu Road, Sport dan Wet.

Berkat diperkenalkannya Ride by Wire, mesin Desmodue generasi baru memiliki opsi untuk memasang Quick Shift atas atau bawah, perlengkapan standar pada Full Throttle dan tersedia sebagai aksesori pada model lainnya.

Juga tersedia sebagai aksesori adalah Ducati Multimedia System, yang menawarkan kemampuan untuk mengatur musik dan panggilan dengan menghubungkan smartphone ke sepeda motor.

Mesin dua katup dua silinder berpendingin udara memastikan keluaran tenaga maksimum sebesar 73 hp, dan juga tersedia dalam versi 47 hp untuk pengendara sepeda motor dengan lisensi A2. Ketiga varian Ducati Scrambler Icon, serta Full Throttle dan Nightshift sudah bisa dipesan untuk pasar Indonesia.

Baca juga: Ducati catat pendapatan positif pada paruh pertama tahun ini

Baca juga: Super73 hadirkan sepeda listrik bernuansa Ducati
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023