Jakarta (ANTARA) - Ducati merayakan momen istimewa ulang tahun ke-30 untuk legenda motornya, 916, dengan meluncurkan model terbatas Panigale V4 SP2 30° Anniversario 916.

Hanya diproduksi sebanyak 500 unit, motor ini adalah penghormatan terhadap ikon sejarah Ducati yang tetap menjadi simbol keindahan dan desain luar biasa di dunia roda dua.

"Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 diproduksi dalam seri bernomor dan terbatas sebanyak 500 unit. Seperti motor balap yang mengambil inspirasi coraknya, ia ditawarkan dalam konfigurasi satu tempat duduk saja dan diperkaya dengan pelat kemudi aluminium billet dengan ukiran laser pada nama model dan nomor progresif," ujar CEO Ducati Indonesia Jimmy Budhijanto dalam rilis pers, Sabtu.

Mengusung fitur khas dan karakter unggul motor supersport Ducati 916, Panigale Anniversario menghadirkan elemen-elemen desain seperti massa yang terkonsentrasi di bagian depan, garis desain yang ikonik, serta berbagai elemen penting seperti lampu depan, saluran udara, fairing V, tangki bahan bakar, ekor yang pendek dan lincah, serta lengan ayun satu sisi.

Baca juga: Generasi terbaru Ducati Scrambler meluncur, hadir dalam tiga model

Untuk merayakan Hari Jadi Panigale, Ducati mempersembahkan desain corak khusus yang terinspirasi oleh grafis balap legendaris yang memenangkan Kejuaraan Dunia Superbike bersama Carl Fogarty pada tahun 1999.

Corak tersebut mencerminkan tiga warna ikonik pada fairing, pelat nomor putih, dan nomor 1 yang kini diperbarui dengan sentuhan modern, sambil mempertahankan elemen hitam yang mengingatkan pada saluran udara 916.

Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 hadir dengan spesifikasi kelas SP2 yang dipadukan dengan berbagai detail halus, menjadikannya motor yang semakin unik.

Motor ini dilengkapi dengan berbagai perlengkapan teknis termasuk tutup tangki bahan bakar balap yang dibuat dari aluminium billet, saluran udara untuk mendinginkan rem depan, pelindung panas knalpot, sayap dengan desain profil ganda, dan spatbor depan berbahan serat karbon.

Fitur-fitur teknisnya, seperti sistem pengereman Brembo Stylema yang efisien, kopling kering STM EVO yang memberikan fluiditas yang lebih baik, velg palang bermotif Y berbahan magnesium yang mengurangi bobot roda sebesar 1,2 kg, serta pijakan kaki yang dapat disesuaikan, menjadikan Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 sebagai motor yang lincah, presisi, dan efisien di lintasan balap.

Disamping itu, motor ini juga dilengkapi dengan Ducati Quick Shift Up & Down, sistem akuisisi data Ducati Data Analyzer +, serta kit siap pakai yang memperkaya pengalaman berkendara para penggemar Ducati.

Peluncuran resmi Panigale V4 30th Anniversary 916 berlangsung dalam acara pembukaan EICMA 2023, dengan pengumuman penting terkait Pekan Ducati Dunia 2024 yang akan diadakan pada Juli mendatang di Sirkuit Dunia Misano "Marco Simoncelli".

Para penggemar motor dan pencinta Ducati dapat melihat secara langsung keseluruhan jajaran motor tahun 2024 dari Borgo Panigale di stan Ducati hingga Minggu, 12 November, di EICMA 2023.

Baca juga: Ducati kenalkan Hypermotard 698 Mono dengan silinder tunggal

Baca juga: Ducati hadirkan Borgo Panigale Motocross tahun depan di Italia

Baca juga: Multistrada V4 RS motor turing bertenaga superbike
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023