Jakarta (ANTARA) - Bagi penggemar perjalanan jarak jauh atau touring dengan sepeda motor, bukan hanya fisik dan peralatan yang perlu dipersiapkan, tapi juga pelumas guna memastikan kenyamanan dan keamanan.

Pelumas memiliki peran vital terutama saat motor digunakan dalam durasi penggunaan yang lama atau jarak tempuh yang signifikan.

Menurut Brand Marketing Manager Rexco Tomy Tambrani, pemilihan pelumas yang tepat sangat penting. Penggunaan pelumas yang tidak sesuai dapat mengakibatkan keausan yang lebih cepat, kerusakan mesin, serta penurunan efisiensi kendaraan.

Baca juga: Autochem Industry kenalkan pelumas mesin cocok untuk iklim tropis

"Penggunaan pelumas yang tidak sesuai juga dapat menurunkan efisiensi kendaraan, penurunan tenaga, akselerasi yang buruk atau konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi,' ujar Tomy dalam rilis pers, Minggu.

Tomy mengatakan bahwa pelumas yang baik akan menjaga performa sepeda motor dan membuatnya awet. Di pasaran, ada berbagai macam pelumas yang dibedakan menurut fungsinya.

Pertama, pelumas serbaguna. Pelumas ini berguna dalam menjaga komponen mesin tetap terlindungi dari karat yang dapat terbentuk akibat paparan air atau kelembaban.

Selain itu, fungsi utama pelumas ini adalah melumasi berbagai bagian mesin, membantu mengurangi gesekan, dan mereduksi keausan, sehingga menghasilkan umur peralatan yang lebih panjang.

Jika saat touring terjadi masalah pada sepeda motor dan Anda ingin melakukan perbaikan darurat sendiri, pelumas ini juga bisa berfungsi untuk membantu melonggarkan baut atau bagian yang macet.

Kedua adalah pelumas rantai yang memiliki peran utama dalam memberikan pelumasan pada rantai kendaraan. Saat sedang dalam perjalanan, rantai kendaraan bekerja dalam kondisi gesekan yang tinggi saat bergerak melintasi roda gigi dan katrol.

Baca juga: Perlindungan ekstra butuh dilakukan untuk kendaraan di negara tropis

Pelumas ini membantu mengurangi gesekan antara rantai dan gigi, sehingga mengurangi keausan dan mencegah kerusakan pada komponen rantai. Pelumas rantai juga membantu rantai bergerak lebih lancar dan mengurangi energi yang terbuang akibat gesekan, sehingga meningkatkan efisiensi kendaraan.

Selanjutnya adalah multipurpose degreaser yang berfungsi untuk membersihkan komponen dan menghilangkan sisa-sisa pelumas yang berlebihan. Ini akan membantu mempertahankan kondisi komponen
kendaraan dalam jangka panjang.

Sebelum mengaplikasikan pelumas, pastikan perangkat dalam kondisi bersih. Bersihkan semua kotoran, debu, dan sisa-sisa pelumas lama untuk hasil yang lebih baik dengan degreaser yang tepat.

Terakhir adalah contact clener yang berfungsi untuk mengatasi gangguan pada area kelistrikan. Contact cleaner bisa membersihkan kontak elektrik di motor hingga ke sela-sela.

Kontak elektrik yang bersih akan memastikan aliran listrik yang baik, sehingga menghindari masalah seperti kehilangan arus, korsleting, atau ketidakstabilan sistem listrik. Tapi pastikan sebelum Anda menggunakan contact cleaner ini, sepeda motor harus dalam keadaan mati atau tidak menyala.

Dengan memilih pelumas yang sesuai dengan kebutuhan, pengendara dapat memastikan perjalanan jauh dengan sepeda motor menjadi lebih aman, nyaman, dan tanpa masalah.

Baca juga: Rexco hadirkan enam produk andalannya di GIIAS 2023

Baca juga: Deltalube hadirkan 2 produk baru untuk perawatan mesin modern
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023