Jakarta (ANTARA) - Sejak diluncurkan di Indonesia Mei lalu, All New Toyota Yaris Cross gencar diujicobakan untuk pembuktian performanya. Usai menggelar uji kendara di track yang direkayasa di Toyota Driving Experience, Sunter, Jakarta kemudian di kawasan BSD, Tangerang, Toyota Astra Motor (TAM) baru-baru ini mengajak media menjajal SUV kompak itu di Jawa Timur.

TAM merilis All New Toyota Yaris Cross dalam dua varian, bensin dan juga hybrid, yang diklaim menyajikan tenaga responsif, kabin yang senyap, hemat konsumsi bensin, dan juga emisi yang rendah.

Dalam uji kendara di Jawa Timur, kami mengambil rute Surabaya, Sidoarjo, Bangli, Pasuruan, Probolinggo, Cemoro Lawang, Bromo, dan bermalam di Batu dengan menempuh jarak kurang lebih 220 km.

Perjalanan kali ini menggunakan All New Yaris Cross Hybrid varian tertinggi, yakni 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package. Varian yang sama dari yang pernah kami coba kendarai di test drive sebelumnya namun di medan yang berbeda.

Baca juga: Menjajal All-new Yaris Cross, medium SUV berbanderol hingga Rp449 juta

"Test driver tidak perlu bingung memikirkan mekanisme kerjanya karena sudah dikendalikan secara otomatis oleh Toyota Hybrid System (THS) yang canggih. Pengembangan pada motor listrik dan pemakaian baterai Lithium-Ion yang lebih kompak dan bertenaga, menghasilkan linier performance pada motor listrik yang semakin kuat dan intuitif, namun lebih hemat bensin, hening, dan zero emission ketika beroperasi," kata Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy.

Pesaing dari Hyundai Creta dan juga Honda HR-V ini, banyak memberikan kesan positif yang kami temukan selama perjalanan. Perjalanan pertama, ANTARA berkesempatan untuk menjadi penumpang di bagian depan.

Berada di kursi depan samping kemudi, kami merasa bahwa insinyur Toyota tampaknya sudah bekerja dengan sangat cermat. Klaim mereka yang mengatakan bahwa kendaraan ini menghadirkan kabin yang lega terbukti adanya.
All New Toyota Yaris Cross Hybrid. (ANTARA/Chairul Rohman)

Tidak hanya untuk penumpang di bagian depan, penumpang bagian belakang juga merasakan hal yang sama meskipun perjalanan yang kami tempuh cukup jauh dan medan jalan beragam.

Segala kemudahan bagi penggunanya juga sudah ditemukan di kendaraan ini, seperti hadirnya fitur Power Back Door with Kick Sensor. Fitur ini sangat membantu pengguna yang hendak memasukkan barang berukuran besar tanpa harus menurunkan barang bawaan untuk membuka bagasi bervolume 485 liter di kendaraan ini.

Pengguna cukup menjulurkan ujung kaki ke bawah bagasi dan menyapukannya untuk merangsang sensor merespons dan membuka pintu bagasi secara otomatis.

Tapi perlu diingat, untuk memanfaatkan fitur ini, pintu Yaris Cross harus dalam keadaan terkunci, jika tidak maka fitur ini tidak akan bekerja secara otomatis. Jadi, sebelum memasukkan barang bawaan besar yang Anda jinjing dengan kedua tangan, pastikan pintu kendaraan terkunci. Jadi, Anda bisa dengan mudah menyapukan ujung kaki ke bawah bagasi dan bisa memasukkan barang bawaan tanpa harus menaruh barang terlebih dahulu karena bagasi terbuka secara otomatis.

Baca juga: Yaris Cross hybrid sudah kantongi 1.000 lebih SPK
All New Toyota Yaris Cross Hybrid. (ANTARA/Toyota Astra Motor)

Kembali ke bagian dalam, mobil ini sudah suport dengan wireless charger dan konektor USB0B dan juga C. Selain itu, untuk bagian pengemudi sudah bisa mengatur posisi duduknya dengan Electric Seat Adjuster yang dilapisi dengan bahan kulit sintetis yang dilengkapi dengan teknologi Quole Modure untuk menghalau panas berlebih saat berkendara jarak jauh.

Baca juga: Toyota Yaris Cross meluncur global di Indonesia tawarkan varian hybrid

Baca juga: Toyota perkenalkan Yaris 2023, tampil lebih sporty
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023