Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru-baru ini resmi merilis harga All-new Yaris Cross, medium SUV 5-seater atau boleh disebut crossover yang dibanderol hingga Rp449,95 juta--tergantung variannya--untuk on the road Jakarta.

Vice President Director TAM Henry Tanoto mengatakan bahwa setelah meluncurkan All-New Kijang Innova Zenix Hybrid EV sebagai kendaraan elektrifikasi Toyota pertama yang diproduksi secara lokal, Toyota menghadirkan All-New Yaris Cross sebagai full Hybrid EV karya anak bangsa berikutnya.

"Sebagai pionir di B-segment dengan pangsa pasar besar, medium SUV ini memberikan kesempatan kepada kalangan pelanggan yang lebih luas supaya dapat memiliki kendaraan ramah lingkungan dengan harga yang semakin terjangkau, dilengkapi dengan fitur comfort dan safety yang canggih dan modern, serta tetap mempertahankan fungsionalitas dan drivability khas SUV perkotaan yang andal untuk mobilitas harian dan rekreasi," kata Henry dalam keterangan resminya, Selasa.

Baca juga: Toyota Gazoo kenalkan GR Corolla bermesin turbo tiga silinder

Model yang bakal bersaing dengan Honda HR-V dan juga Hyundai Creta ini memiliki modal lumayan untuk melawan rival-rivalnya yang telah lebih dulu eksis di pasar otomotif Indonesia. All-new Yaris Cross hadir dengan konsep "Solid & Dynamic" serta tampilan outstanding, kabin kompak, dan tentu saja membawa karakter khas SUV Toyota.

Desain eksteriornya memunculkan kesan tangguh berkat voluminous body dengan garis-garis karakter yang khas, sementara interiornya mengakomodir berbagai kebutuhan pengemudi dengan tetap memberikan kenyamanan maksimal kepada penumpang.

"Keinginan menghadirkan ever-better cars terwujud dalam kemasan yang up-to-date dan advance, serta pilihan varian yang lengkap dan harga kompetitif," kata Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy.

Agresif dan fun to drive

Dalam uji kendara singkat belum lama ini, ANTARA berkesempatan menjajal All-new Yaris Cross varian tertinggi, yakni 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package.

Sebagai informasi, Toyota merilis All-new Yaris Cross dalam enam varian, yaitu 1.5 G M/T, 1.5 G CVT, 1.5 S CVT, 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package, kemudian dua hybrid 1.5 S HV CVT dan 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package.

Medium SUV hybrid yang diproduksi di Indonesia ini cukup agresif dan memberikan kesan menyenangkan (fun to drive) ketika diajak bermanuver di lintasan lurus, sesuai dengan janji Toyota ketika memperkenalkan mobil ini.

Baca juga: Toyota perkenalkan Yaris 2023, tampil lebih sporty

Sementara ketika melalui lintasan zig-zag, All-new Yaris Cross terasa mudah dikendalikan meski Anda berkendara dalam kecepatan sedang antara 50-60 km per jam.

Mobil dengan dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan jarak antarsumbu roda 2.620 mm ini terasa nyaman saat dibawa bermanuver di lintasan lurus maupun zig-zag.
 
All-New Yaris Cross (ANTARA/Ho/PT TAM)

All-New Yaris Cross model hybrid ini dibekali mesin 2NR-VEX dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder dengan tenaga 67 kW dan torsi 121 Nm serta 59 kW dan torsi 141 Nm dari motor listriknya.

Dengan kombinasi mesin bensin dan motor listrik ini, suara yang dihasilkan dari kap All-New Yaris Cross lumayan senyap saat awal kali dinyalakan. Jadi, mesti terkesan sepele, hal ini penting untuk menjadi perhatian pengendara.

Ketika gas diinjak lebih dalam, mode berkendara akan berubah secara otomatis dan mesin konvensional secara aktif untuk menyambut perubahan pergerakan tersebut.

Dengan lintasan yang terbatas, ANTARA belum bisa menggali data yang konkret mengenai bagaimana jika mobil ini dikendarai dalam jarak jauh.

Yang pasti, mobil hybrid kedua TAM yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat ini sudah dilengkapi dengan LED Headlamp with DRL, LED Foglamp, dan LED Rear Combination Lamp yang tampil modern menghiasi bagian depan dan belakang.

Untuk tipe S, mobil ini dilengkapi dengan dengan Auto Headlamp + Follow Me Home, Roof Rail, Electric & Auto Retract Side Mirror ditambah Welcoming Lamp, dan Power Backdoor with Kick Sensor pertama di kelasnya untuk kemudahan buka-tutup bagasi.

Baca juga: Toyota Yaris Cross meluncur global di Indonesia tawarkan varian hybrid

Interior
​​​​​​​

Pada bagian interior, All-New Yaris Cross menyajikan ruang yang relatif nyaman baik untuk pengemudi maupun penumpang. Meski bentuknya terlihat kompak dari luar, tapi di dalam terasa cukup lega.

Kemudian, dengan panel soft dashboard yang lebar, interior All-New Yaris Cross terkesan mewah, dan desain yang selaras dengan door trim memberikan kesan lapang.

Pemberi kesan mewah selanjutnya adalah adanya penambahan Panoramic Glass Roof with Power Sunshade. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia pada varian 1.5 S HV CVT dan 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package.

Secara umum, All-New Yaris Cross menggabungkan unsur mewah, nyaman, dan juga sporty. Kesan sporty terlihat dengan hadirnya kokpit driver-oriented focus pada panel instrumen TFT 7-inch digital yang dapat dikostumisasi dalam 4 pattern. Terdapat juga beragam ornamen GR yang menambah kesan sporty dan elegan pada varian dengan GR Parts.

Kenyamanan mengendarai kendaraan ini juga diperlengkap dengan hadirnya head unit sebesar 10.1 Inch HUD Display with Wireless Smartphone Connectivity yang menjadikannya paling besar di kelasnya.

Daftar Harga All-New Yaris Cross

All New Yaris Cross 1.5 G M/T Rp351.000.000
All New Yaris Cross 1.5 G CVT Rp364.000.000
All New Yaris Cross 1.5 S CVT Rp407.700.000
All New Yaris Cross 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package Rp417.000.000
All New Yaris Cross 1.5 S HV CVT Rp440.600.000
All New Yaris Cross 1.5 S HV CVT GR Parts Aero Package Rp449.950.000.

Baca juga: Toyota akan ekspor 22 ribu unit All New Yaris Cross di tahun ini

Baca juga: Menperin lepas ekspor perdana mobil hybrid Toyota

Baca juga: TKDN Toyota Yaris Cross capai 80 persen
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023